CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 4 November 2015 04:00

Gunakan "Laser", perpustakaan UMM raih akreditasi A

Laser merupakan sistem layanan yang mempermudah pengguna menelusuri keberadaan bahan pustaka.

Gunakan

Techno.id - Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baru saja dinobatkan sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia dan berhak menyandang akreditasi A. Capaian ini diakui oleh pihak perpustakaan UMM tak lepas dari sistem Laser atau Library Automatic Services yang diterapkan di sana.

"Keunggulan perpustakaan UMM ini memang terletak pada sistem layanan Laser yang menggunakan OPAC (Online Public Access Catalog). Kita juga memiliki layanan sistem perpustakaan seluler untuk mempermudah para pengguna dalam melakukan penelusuran literatur, pemesanan, perpanjangan masa pinjaman, dan lain sebagainya dengan menggunakan smartphone kapan saja dan di mana saja," ujar Prof Dr Dyah Roswitawati kepala perpustakaan UMM.

Menurut laporan dari Antara (3/11/15), perpustakaan digital ala UMM ini juga terhubung dengan jaringan Indonesia Digital Library Network atau IDLN. Melalui jaringan ini, tercatat perpustakaan UMM telah terhubung dengan 100-an perpustakaan digital lainnya di seluruh Indonesia, seperti perpustakaan milik ITB, IPB, Unair, LSM, Militer, Badan Penelitian, Depkes RI, Politeknik, Universitas Muhammadiyah seluruh Indonesia, dan masih banyak perpustakaan lainnya.

Lebih lanjut, Prof Dr Bambang Widagdo Wakil Rektor 1 mengungkapkan jika perpustakaan UMM juga dilengkapi dengan sistem layanan Online Order System atau sistem pengadaan koleksi secara online dan media teleconference. Perpustakaan UMM juga dilengkapi dengan sarana penunjang seperti foto copy, scanning, cd-writing, dan WiFi Hotspot.

WHAT TO READ NEXT ?