Melalui e-book, Perpusda Singkawang harap minat baca warga meningkat

Melalui e-book, Perpusda Singkawang harap minat baca warga meningkat

Techno.id - Perpustakaan Daerah dan Kearsipan atau Perpusda kota Singkawang berencana akan meluncurkan program e-book. Program ini menurut Darnella, Kepala Kantor Perpusda kota Singkawang diharapkan dapat menjadi salah satu cara meningkatkan minat baca warga kota yang terletak di wilayah provinsi Kalimantan Barat tersebut.

Melalui program e-book, nantinya warga bisa mencari resensi buku melalui website kantor Perpusda kota Singkawang. Namun, tak semua buku bakal diprogramkan ke e-book karena menurut Darnella biaya digitalisasi buku ke format e-book saat ini cukup mahal.

"Kita rencanakan ada 250 judul buku yang akan diprogram menjadi e-book, terutama buku-buku yang sulit didapat seperti buku pendidikan agama non Muslim serta buku lainnya," kata Darnella seperti dilansir oleh Antara (21/10/15).

Sementara ini, literatur buku yang sifatnya gratis akan menjadi fokus utama program e-book. Hal ini dikarenakan literatur e-book yang berbayar biayanya cukup besar sehingga nantinya malah akan membebani warga saat akan mengaksesnya.

Darnella menargetkan realisasi program e-book bisa berjalan saat bangunan kantor Perpusda kota Singkawang resmi dipindah ke tempat baru yakni di gedung PKK kota Singkawang.

(brl/red)