Google siap latih 100 ribu developer Indonesia

Google siap latih 100 ribu developer Indonesia

Techno.id - Kunjungan Presiden Joko Widodo beserta rombongannya ke Silicon Valley ternyata tak cuma sekadar silaturahmi. Ada hubungan kemitraan yang dijalin, seperti dengan Google. Penguasa internet global itu secara resmi berencana untuk membantu melatih 100 ribu pengembang mobile Indonesia hingga 2020 mendatang.

Adapun tiga misi yang bakal diambil Google untuk merampungkan program ini. Pertama-tama, mereka akan menggandeng perguruan tinggi supaya mau menerapkan kurikulum dalam satu semester mengenai cara pengembangan aplikasi Android berkualitas.

Di samping itu, Google juga siap memberikan materi pembelajaran gratis Udacity dalam Bahasa Indonesia pada siapa pun yang tertarik dengan pembuatan aplikasi. Terakhir, Google tak lupa untuk memperkuat komunitas studinya bernama Indonesia Android Academy dan memperpanjang sesi studinya. Grup itu ada di lima kota besar di Tanah Air, yakni Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

"Melalui program-program ini, kami ingin memberi sumbangsih dalam perubahan Indonesia menjadi negara digital," demikian papar Jason Titus, Vice President, Developer Product Group Google, seperti dikutip dari blog resmi Google Asia-Pacific (18/02/16).

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga mengunjungi beberapa perusahaan di Silicon Valley. Di Facebook, presiden RI ke-7 itu dijamu oleh Mark Zuckerberg langsung. Sementara saat bertandang ke Twitter, Jack Dorsey turut menyambut Jokowi.

(brl/red)