Google luncurkan layanan bagi penggiat Citizen Journalism

Google luncurkan layanan bagi penggiat Citizen Journalism

Techno.id - Beberapa waktu belakangan ini, tren citizen journalism atau jurnalisme warga memang tengah naik daun. Tren ini memungkinkan warga yang tak memiliki latar belakang pendidikan maupun pengalaman di dunia jurnalistik bisa menjadi wartawan dengan meliput berita yang terjadi di sekitarnya dan melaporkan kepada warga lainnya melalui media sosial, seperti Twitter maupun YouTube.

Untuk mengakomodasi kebutuhan warga dunia ini, maka raksasa teknologi Google baru saja meluncurkan sebuah layanan yang diberi nama Google News Lab. Dikutip dari TalkAndroid (22/6/15), layanan ini berisi tips maupun konten-konten terkini yang dapat membantu para penggiat citizen journalism untuk mengumpulkan informasi dan menghasilkan sebuah berita. Secara khusus, Google menghadirkan News Lab ini untuk memberikan ruang kepada penggiat citizen journalism melakukan penelitian, pelaporan, pendistribusian, dan analisis terhadap berita yang mereka temukan dan hendak mereka publikasikan.

Untuk menghadirkan fitur yang mumpuni pada layanan News Lab-nya, Google pun telah bermitra dengan perusahaan penyedia jasa teknologi seperti YouTube Newswire. Bahkan, Google juga melakukan kerja sama terkait pelatihan dan penelitian dengan Digital News Initiative untuk disajikan pada layanan News Lab-nya.

Kendati sangat cocok digunakan bagi para penggiat Citizen Journalism, Google tak menutup kemungkinan, layanan News Lab-nya ini digunakan oleh para jurnalis profesional dari berbagai jenis berita. Pihak Google menyampaikan, konten yang cukup lengkap diklaim akan mempermudah kinerja para jurnalis untuk memberitakan suatu peristiwa dari berbagai belahan dunia.

Perlu Anda ketahui, layanan Google News Lab ini berisi konten-konten terbaik seperti Google Search, Google Maps, YouTube, Google Play Kios, Google News, Google Public Data Explorer, Google Earth Pro, Google Alerts, Google Consumer Surveys, Google Translate, dan Google Permisions.

(brl/red)