CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 22 Desember 2015 18:00

Google gandeng produsen mobil ternama ini untuk bikin self-driving car

Rencananya, kerja sama dengan Ford itu bakal diumumkan di ajang Consumer Electronic Show bulan depan.

Google gandeng produsen mobil ternama ini untuk bikin self-driving car

Techno.id - Sepertinya, Google sudah menemukan mitra yang pas untuk kelanjutan teknologi mobil tanpa awaknya. Yahoo Autos (22/12/15) melaporkan bahwa Ford bakal memproduksi mobil pintar dengan teknologi dari Google. Menurut narasumber yang dirahasiakan identitasnya, joint venture ini akan diumumkan secara resmi oleh Ford di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 bulan Januari mendatang.

Jika kabar ini benar, kerja sama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Di satu sisi, Ford tidak perlu susah payah mengembangkan software mobil tanpa awak karena Google sudah menjalankan eksperimennya selama beberapa tahun terakhir. Sementara bagi Google, mereka bisa berhemat triliunan rupiah yang seharusnya dana itu dialokasikan untuk membikin pabrik automotif.

Rumornya, kerja sama ini juga akan melahirkan perusahaan resmi baru hasil perkawinan Google dan Ford. Kesepakatan yang dijalani keduanya pun kemungkinan bersifat non-eksklusif.

Sebelumnya, Google berencana memisahkan bisnis mobil tanpa awaknya di bawah perusahaan induknya, Alphabet. Menariknya, kabar terakhir yang terendus, bukan Ford yang bakal digandeng Google, melainkan Uber.

Mari tunggu bersama konfirmasi resmi dari Google maupun Ford terkait proyek yang berpotensi besar dalam beberapa tahun ke depan ini.

WHAT TO READ NEXT ?