Fakta membuktikan orang kaya dari industri TI banyak yang dermawan

Fakta membuktikan orang kaya dari industri TI banyak yang dermawan

Techno.id - Jikalau Anda bermimpi untuk menjadi orang yang dermawan, barangkali menjadi pendiri atau petinggi di industri teknologi informasi adalah cara yang paling realistis untuk merealisasikannya. Pasalnya, sudah banyak lahir dari sektor ini para triliuner. Menariknya, mereka pun tak engganmembagikan secuil harta bendanya pada pihak-pihak yang membutuhkan atau lembaga non-profit yang bervisi memberikan kesejahteraan sosial.

Berdasarkan data dari The Chronicle of Philanthropy, setidaknya enam dari 10 orang paling dermawan di Amerika Serikat memiliki titel dan pangkat penting di Silicon Valley. Bill Gates, pentolan Microsoft, bersama istrinya Melinda, adalah orang yang rajin berderma di Negeri Paman Sam. Selama 2014, mereka tercatat telah mendonasikan 1,92 miliar USD atau sekitar Rp26 triliun.

Di bawah pasangan Gates, ada sejumlah nama yang tak asing lagi di industri teknologi informasi global. Mereka adalah Jan Koum (co-founder WhatsApp), Nicholas Woodmann (founder dan CEO GoPro), Sergey Brin (co-founder Google), serta Paul Allen (yang dikenal sebagai rekan Bill Gates ketika mendirikan Microsoft). Data selengkapnya tersaji di grafis buatan Statista berikut:

Fakta membuktikan orang kaya dari industri TI banyak yang dermawan

Sebagai gambaran, saat ini sudah banyak petinggiperusahaan teknologi informasi yang juga tercatat sebagai filantrop. Beberapa dari mereka bahkan telah bahu-membahu untuk menjalankan misi sosial. Mark Zuckerberg, misalnya, telah bertekad bersama Bill Gates untuk memberantas kemiskinan dengan memberikan akses internet demi kesempatan membuat hidup menjadi lebih baik.

(brl/red)