CONNECT WITH US
Erick |
 24 Maret 2016 13:00

EZ10 akan mulai beroperasi di Belanda bulan Mei 2016

Pernah ditolak oleh Google, kini mereka justru jadi pelopor dalam mengembangkan angkutan umum driverless.

EZ10 akan mulai beroperasi di Belanda bulan Mei 2016

Techno.id - Di masa yang akan datang, kendaraan driverless bukan hanya milik mereka yang mampu membeli mobil pribadi. Kelak angkutan publik pun bakal mengadaptasi teknologi ini. Mungkin Anda masih ingat kendaraan modern yang satu ini pada berita terdahulu.

Bernama EZ10, ini kendaraan ini memang didesain untuk digunakan sebagai angkutan umum di masa yang akan datang. Tak dibekali dengan roda kemudi, bahkan ia juga tak memiliki pedal gas maupun rem. Semua dikendalikan oleh komputer, dan ia hanya berjalan pada jalur atau rute yang telah ditentukan.

Seperti yang telah diberitakan oleh AutoBlog pada hari Selasa (22/03/16) lalu, EZ10 telah hadir di dataran Eropa. Tak lama lagi, kendaraan ini bakal mulai dioperasikan di Belanda. EZ10 (di Belanda bernama WEpods) akan mengangkut penumpang dari stasiun kereta di Ede, Netherlands, ke Wagenigen University melalu jalan raya.

Penumpang yang ingin menggunakannya hanya tinggal mengakses aplikasinya melalui smartphone, dan sistem robotic akan mengantar para penumpang tersebut ke tempat tujuan dengan kecepatan puncak 24km/h saja.

EZ10 dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Robosoft. Proyek tersebut mulai berjalan setelah permohonan mereka pada Google untuk menggunakan teknologi autonomous driving ditolak mentah-mentah. Tim kreatif tersebut kemudian memutuskan untuk membuat sendiri sebuah sistem open source dengan bantuan dari Technical University dan kucuran dana dari pemerintah sebesar Rp 51 miliar.

Kendaraan pintar ini akan mulai menghiasi jalanan kota Netherlands pada bulan Mei 2016 nanti. Tentu saja, jika program ini berjalan lancar, kelak akan semakin banyak kendaraan driverless yang beredar di jalanan.

 

WHAT TO READ NEXT ?