Di Nigeria, 500 drone digunakan untuk awasi instalasi minyak

Di Nigeria, 500 drone digunakan untuk awasi instalasi minyak

Techno.id - Maraknya masalah pencurian minyak di Nigeria, membuat pemerintahan setempat memutuskan untuk menggunakan drone alias pesawat tanpa awak untuk mengawasi instalasi minyak. Kabarnya sebanyak 500 drone akan dikerahkan untuk memuluskan program pemerintah salah satu negara di benua Afrika tersebut.

Seperti dilansir oleh Antara (24/6/15), masalah pencurian minyak di Nigeria memang menjadi salah satu masalah utama yang sedang dihadapi oleh pemerintah. Ade Abolurin, Komandan Umum Korps Pertahanan Sipil dan Keamanan Nigeria (NSCDC) pun mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak terjadi serangkaian pengrusakan pipa saluran dan pencurian minyak di negeri tersebut.

Maka dari itu, Abolurin menyatakan bahwa militer saat ini sedang meneliti cara baru untuk memantau dan melindungi pipa saluran minyak menggunakan teknologi dan perangkat canggih, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi drone atau pesawat tanpa awak. Saat ini, beberapa drone atau pesawat tanpa awak telah diuji coba di beberapa wilayah delta Nigeria seperti Bayelsa.

(brl/red)