Dari tahun ke tahun, Kontes Robot Pintar kian digemari

Dari tahun ke tahun, Kontes Robot Pintar kian digemari

Techno.id - Kontes Robot Pintar 2015 di Yogyakarta menandakan bahwa ajang tahunan ini telah digelar untuk yang kedelapan kalinya. Pihak penyelenggara, Taman Pintar Yogyakarta mengatakan, jumlah antusiasme untuk ajang ini setiap tahunnya terus bertambah.

"Tahun ini ada 211 tim dari berbagai sekolah yang bersaing untuk menjadi yang terbaik. Jumlah tersebut meningkat signifikan dibanding 2014 sebanyak 155 tim dan 2014 sebanyak 104 tim," ujar Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono.

Menariknya, meningkatnya jumlah peserta tersebut ternyata tak hanya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saja. Melainkan juga dari luar wilayah DIY seperti Magelang, Klaten, Cilacap, Wonosobo, dan Semarang sebanyak 33 tim.

Kontes Robot Pintar kedelapan ini sendiri rencananya akan digelar selama dua hari, yaitu 24 dan 25 Oktober 2015. Nantinya, akan ada lima kategori yang di antaranya terbagi atas kategori senior (55 tim), junior (34 tim), expert (43 tim), umum (38 tim), dan kategori untuk siswa SD (41 tim).

"Sejak dua tahun lalu, kami membuka kesempatan kepada siswa SD untuk mengikuti kontes ini dan ternyata tanggapan mereka sangat luar biasa," lanjut Yunianto.

Selain peningkatan jumlah peserta, Kontes Robot Pintar 2015 juga membawa sejumlah pembaruan, khususnya bentuk sirkuit yang digunakan. "Kami akan terus memperbarui sirkuit yang digunakan dari tahun ke tahun, termasuk menambah kategori lomba yaitu untuk robot aktif," imbuhnya.

Kontes Robot Pintar sendiri merupakan puncak kegiatan dari rangkaian kegiatan yang telah digelar sejak pertengahan tahun 2015. Pun demikian dengan pihak pengelola Taman Pintar Yogyakarta yang tidak bekerja sendiri, melainkan bekerja sama dengan Universitas Macquarie Australia.

"Harapannya, kegiatan ini bisa semakin memacu kreativitas dan kecintaan siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang teknologi robotik," tutupnya.

(brl/red)