Bersiaplah, sebuah AI yang dapat menulis artikel telah diluncurkan!

Bersiaplah, sebuah AI yang dapat menulis artikel telah diluncurkan!

Techno.id - Pernahkah terbayangkan jika suatu saat Anda tak perlu lagi menulis laporan atau artikel, melainkan sebuah Artificial Intelligence (AI) yang melakukannya untuk Anda? Nampaknya hal itu akan segera dapat terwujud, pasalnya sebuah AI besutan Automated Insight yang dapat menggantikan peran Anda untuk menulis sebuah laporan atau artikel telah dirilis.

AI berjuluk Wordsmith yang saat ini masih berupa versi beta tersebut dilaporkan dapat menuliskan laporan atau artikel untuk Anda menggunakan sistem yang hampir sama dengan AI yang telah digunakan banyak media Amerika seperti Yahoo dan Associated Press untuk menuliskan artikel berita. Seperti dilansir oleh Wired (20/10/15), Wordsmith dapat membaca data yang Anda upload seperti file CSV dari laba kuartal perusahaan dan akan mengikuti struktur cerita yang Anda tetapkan untuk menghasilkan sebuah tulisan yang layak baca.

Bersiaplah, sebuah AI yang dapat menulis artikel telah diluncurkan!

Ilustrasi alur kerja Wordsmith dalam mengolah dan "meniru" gaya tulisan Anda untuk menjadikannya sebuah artikel 2015 thenextweb.com

Wordsmith kabarnya memungkinkan Anda membuat sebuah konten tulisan yang kompleks menggunakan metode branching paths untuk mendeskripsikan data yang Anda upload. Contohnya, Wordsmith dapat membuat sebuah artikel yang menggambarkan efek positif dan negatif dari kerugian sebesar Rp1 miliar yang dialami oleh perusahaan atau menggambarkan secara rinci perbedaan dari layar berukuran 60inci dengan layar televisi berukuran standar.

Sayangnya, pihak Automated Insight mengungkapkan jika Wordsmith lebih cocok digunakan untuk kebutuhan perusahaan terutama media ketimbang penggunaan perseorangan. Hal ini dikarenakan, Wordsmith membutuhkan kustomisasi yang cukup banyak dan kompleks untuk menghasilkan sebuah konten tulisan yang berkualitas.

Saat ini, AI yang dikhawatirkan sebagian kalangan terutama jurnalis dapat mengancam pekerjaannya tersebut sudah dapat diakses secara terbatas langsung di situs automatedinsight.com. Kabarnya Wordsmith bakal bisa diakses secara luas oleh semua kalangan pada bulan Januari tahun 2016 mendatang.

Bersiaplah, sebuah AI yang dapat menulis artikel telah diluncurkan!

Bodyscape adalah salah satu aplikasi yang menggunakan jasa Wordsmith untuk mengubah data latihan pengguna menjadi sebuah laporan dalam bentuk artikel 2015 thenextweb.com

(brl/red)