CEO Apple: Kami nggak yakin penjualan iPhone akan menurun drastis

CEO Apple: Kami nggak yakin penjualan iPhone akan menurun drastis

Techno.id - Apple belum lama ini mengumumkan dengan bangga bahwa pemasukan per kuartalnya adalah rekor baru untuk mereka sendiri. Laba Rp255 triliun masuk ke kantong Apple dari aktivitas mereka sepanjang Oktober-Desember 2015 saja. Kendati demikian, mereka harus menghadapi fakta bahwa penjualan iPhone dari Q1 2016 dan Q1 2015 stagnan di angka 74 juta unit saja.

Tak ayal, banyak pihak yang penasaran dengan pendapat Tim Cook selaku CEO Apple menyikapi masa depan iPhone. Dalam konferensi pers yang dihelat Selasa waktu setempat, Cook mendapat pertanyaan dari Toni Sacconaghi, analis Sanford Bernstein, terkait prediksi iPhone yang bakal lesu penjualannya selama 2016.

Sang CEO pun meresponsnya dengan, "Kami memang berpikir penjualan iPhone akan menurun kuartal ini. Namun kami nggak yakin penjualan iPhone akan menurun ke level yang Anda katakan tadi."

Lebih lanjut, dilansir oleh AppleInsider.com (26/01/16), suksesor Steve Jobs itu juga mengatakan bakal berkaca pada kuartal selanjutnya. Menurutnya, Q2 2016 adalah perbandingan tersulit bagi Apple karena dari segi makroekonomi sekarang sudah berbeda dengan Q2 2015. Tantangan dari segi kurs sehingga mengharuskan Apple untuk menyesuaikan banderol iPhone di beberapa negara juga menjadi pertimbangan tersendiri.

iPhone sebelumnya diprediksi tak bergairah penjualannya selama 2016. Salah satu sebabnya, menurut Katy Huberty, analis dari Morgan Stanley, adalah makin mahalnya harga per unit iPhone di pasar-pasar utama mereka, contohnya Tiongkok.

(brl/red)