CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 Januari 2016 14:00

Sudah lahirkan iPad Pro, penjualan tablet Apple faktanya tetap rendah

Raksasa Cupertino itu hanya mampu menjual 16 juta unit iPad, 25 persen lebih rendah dari tahun lalu.

Sudah lahirkan iPad Pro, penjualan tablet Apple faktanya tetap rendah

Techno.id - Tak salah jika belakangan Tim Cook cs sedang berbunga-bunga. Sebab, Apple mengklaim sanggup meraup laba Rp255 triliun sepanjang Oktober sampai Desember 2015, meningkat lebih dari Rp100 triliun dari kuartal sebelumnya. Profit itu juga diklaim sebagai rekor pemasukan terbesar Apple dalam satu kuartal.

Sayangnya, ada beberapa fakta yang menodai euforia tersebut. Selain penjualan iPhone yang terpantau stagnan, yakni di kisaran 74 juta unit saja dari tahun lalu, penjualan iPad ternyata kian memprihatinkan. Dalam rangkuman data resmi pemasukan Apple pada Q1 2016, mereka ternyata cuma bisa melego 16 juta unit iPad.

Walau lebih baik dari Q4 2015 yang saat itu cuma sejumlah 9,9 juta unit, jumlah itu jauh lebih sedikit dari penjualan iPad setahun lalu yang mencapai 21 juta unit. Dalam perbandingan per tahun, penjualan iPad secara statistik pun turun 25 persen, selaras dengan revenue-nya yang merosot 21 persen.

Hal ini membuktikan bahwa lahirnya iPad Pro belum mengangkat pasar iPad. Meski tak dijabarkan berapa unit iPad Pro yang terjual dari angka 16 juta unit itu, kemungkinan porsi penjualan tablet raksasa itu atau iPad Mini 4 cukup besar, mengingat keduanya baru dirilis mendekati penghujung tahun 2015. Fakta ini pun memperkuat prediksi Strategy Analytics yang mengungkap jika kemunculan iPad Pro diperkirakan tak akan mampu mendongkrak pangsa pasar tablet besutan raksasa teknologi Cupertino tersebut.

Kendati demikian, Apple tak akan menyerah begitu saja dengan produk tabletnya. Maret mendatang, Tim Cook dijadwalkan meluncurkan beberapa gadget baru. Salah satunya ialah iPad Air 3. Bocoran sejauh ini, iPad Air 3 bakal mengusung flash kamera dan menjadi iPad pertama yang memiliki fitur tersebut. Di samping itu, tablet yang kemungkinan berukuran 9,7 inci itu akan dibekali dengan empat buah speaker.

WHAT TO READ NEXT ?