CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 20 Desember 2015 22:00

Cara mudah membersihkan keyboard

Dengan kain dan alkohol, Anda bisa membersihkan keyboard dengan mudah.

Cara mudah membersihkan keyboard

Techno.id - Terlalu asyik bekerja di depan komputer, terkadang membuat seseorang melakukan semua kegiatan di sana. Bahkan, aktivitas makan yang seharusnya dilakukan di ruang makan, jadi pindah ke meja kerja. Lama-kelamaan, hal tersebut membuat komputer menjadi kotor, terutama bagian keyboard yang kemungkinan besar kejatuhan remah-remah makanan.

Terkait hal ini, beberapa waktu yang lalu, para ilmuwan melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa ternyata keyboard lebih kotor dari toilet. Bahkan, menurut ilmuwan yang berasal dari University of Arizona, rata-rata desktop menyimpan bakteri 400 kali lebih banyak dari toilet duduk. Begitu juga dengan ilmuwan Inggris yang menyatakan bahwa di setiap tombol keyboard, rata-rata terdapat lebih dari 3.000 organisme berbahaya, mulai dari kuman hingga bakteri.

Setelah mengetahui hal tersebut, apakah Anda akan membiarkan keyboard Anda begitu saja? Jika Anda ingin menghindari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dari keyboard, maka Anda dapat membersihkan keyboard dengan cara berikut, seperti yang dilansir oleh PCWorld.

  1. Mematikan komputer dan mencabut kabel keyboard dari CPU.
  2. Menggoncang-goncangkan keyboard agar remah-remah makanan bisa berjatuhan.
  3. Mengelap keyboard dengan kain lembut yang sudah dicelupkan pada alkohol.
  4. Menggunakan kain kering untuk menghilangkan debu.
  5. Menancapkan kabel keyboard ke CPU.

Jika Anda merasa kurang puas dengan metode pembersihan ini, Anda bisa membuka bagian dalam keyboard tersebut. Namun, Anda sebelumnya harus mengetahui tata cara membuka keyboard agar tidak rusak. Bila Anda kurang yakin dengan kemampuan Anda, maka Anda tidak perlu membersihkan kotoran bagian dalam, cukup mengelap bagian luar saja.

WHAT TO READ NEXT ?