CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 14 Desember 2015 18:00

Begini cara aman 'bersihkan' flashdisk yang bermasalah

Flashdisk yang bermasalah seperti tak mau mendeteksi pun bisa dengan mudah dibenahi kembali.

Begini cara aman 'bersihkan' flashdisk yang bermasalah

Techno.id - Biasanya saat performa flashdisk mulai bermasalah, seperti mulai susah dideteksi, kebanyakan orang akan melakukan upaya 'pembersihan' drive dan menghapus partisi. Sayangnya, tak semua orang paham benar cara melakukan 'pembersihan' sehingga berakibat pada rusaknya flashdisk dan tidak dapat kembali digunakan.

Untuk itu, berikut Techno.id berikan langkah-langkah aman dan mudah untuk 'membersihkan' flashdisk yang sedang bermasalah secara lengkap seperti dikutip dari HowToGeek (12/12/15).

Sebagai catatan, proses atau langkah-langkah ini nantinya akan menghapus atau membersihkan seluruh data yang ada di flashdisk Anda. Jadi, sebelum memulai proses ada baiknya Anda membuat cadangan file yang dianggap penting.

Langkah Pertama

Untuk membersihkan drive dan menghapus partisi guna performa yang lebih baik lagi maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka jendela Command Prompt sebagai administrator. Untuk Windows 10 atau 8.1, Anda cukup klik kanan di tombol Start atau tekan Windows Key+X dan pilih Command Prompt (Admin).

Pada Windows 7, Anda perlu mencari "Command Prompt" melalui shortcut di menu Start. Setelah itu, klik kanan pada shortcut Command Prompt dan pilih Run as Administrator.

Langkah Kedua

Setelah melakukan langkah pertama, selanjutnya gunakan perintah diskpart untuk melakukan langkah pembersihan flashdisk selanjutnya. Namun, sebelum melanjutkan proses pastikan Anda telah menghubungkan flashdisk Anda ke komputer.

Nah, untuk melanjutkan perintah diskpart, ketik perintah diskpart ke dalam jendela Command Prompt dan tekan Enter. Atau lebih jelasnya, lihatlah gambar berikut ini.

Langkah Ketiga

Setelah itu, ketik perintah list disk ke kolom Command Prompt dan tekan Enter maka Anda akan mendapati tampilan yang menyajikan data jumlah disk yang ingin Anda bersihkan.

Sampai di langkah ini, kami ingatkan supaya Anda berhati-hati dalam memilih nomor disk yang ingin Anda bersihkan. Pasalnya, jika Anda salah memilih jumlah disk yang akan dibersihkan maka bisa saja data-data penting yang ada di komputer tempat Anda melakukan proses pembersihan akan hilang.

WHAT TO READ NEXT ?