CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 7 Agustus 2015 23:00

Cara buka kunci smartphone Android yang terblokir atau lupa password

Membuka ponsel yang terkunci bisa menggunakan akun Google pengguna atau mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

Cara buka kunci smartphone Android yang terblokir atau lupa password

Techno.id - Pengamanan perangkat, khususnya smartphone memang begitu penting. Pasalnya, tak hanya sebagai alat komunikasi, ponsel juga dijadikan perangkat penyimpanan berbagai hal. Oleh karena itu, tak heran bila banyak pengguna yang memasang password untuk mengamankan ponsel mereka. Namun, maksud hati ingin memberikan keamanan tambahan pada ponsel, terkadang terlalu rumit password justru berubah menjadi bumerang bagi pengguna.

Bumerang? Ya, berharap ponselnya aman dari orang lain, malah sang pemilik ponsel tak mampu membukanya karena lupa password. Lalu, bila hal ini sudah terjadi, bagaimana cara mengatasinya? Tenang, pengguna yang lupa dengan password pembuka kunci ponsel, mereka masih dapat membukanya dengan cara restore smartphone.

Berikut cara melakukan restore smartphone Android yang disadur dari AndroidAuthority (5/8/15).

Reset password kunci menggunakan akun Google

Sistem operasi Android didesain khusus dengan keamanan yang memungkinkan pengguna mengatur ulang pola pembuka kunci atau password dengan cara mengakses akun Google. Pengguna tinggal memasukkan pola password beberapa kali hingga muncul pilihan 'lupa password'. Setelah itu, isikan username dan password akun Google Anda. Dari sini Anda dapat membuka kunci ponsel dan memberikan password yang baru.

Restore perangkat ke pengaturan pabrik

Ketika cara pembukaan kunci menggunakan akun Google tidak berhasil, terpaksa Anda harus melakukan reset data ulang ke pengaturan pabrik. Cara ini dapat menghapus semua data yang ada di memori dan mengembalikannya seperti perangkat baru. Restore ke pengaturan pabrik dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

1. Mencoba memasukkan password beberapa kali hingga secara otomatis reset sendiri

Tidak semua smartphone mempunyai fitur menarik ini. Anda hanya bisa menemui fitur reset otomatis pada smartphone HTC dan LG. Biasanya bila Anda salah memasukkan password sebanyak 10 kali, maka ponsel akan secara otomatis melakukan reset ke pengaturan pabrik.

2. Menggunakan Android Device Manager

Android Device Manager merupakan layanan Google untuk mengamankan ponsel Anda dari tindak pencurian. Jadi, pengguna bisa mengunci atau menghapus semua data dari jarak jauh. Bahkan, pengguna juga bisa mendeteksi di mana lokasi dari ponsel mereka. Untuk mengaktifkan layanan ini, pengguna harus menghubungkan keduanya melalui website Android Device Manager.

3. Hard factory reset

Cara ini merupakan pilihan terakhir bila semua cara tidak bisa digunakan untuk membuka kunci ponsel. Namun, setiap ponsel memiliki cara yang berbeda. Biasanya hard factory reset dilakukan dengan cara restart ponsel sambil menekan tombol volume atas dan power secara bersamaan sampai muncul pilihan factory reset. Setelah itu, Anda bisa mengembalikannya ke pengaturan pabrik.

WHAT TO READ NEXT ?