Tips ini dapat membuat password Anda lebih aman

Tips ini dapat membuat password Anda lebih aman

Techno.id - Pendapat sebagian kalangan tentang password yang rumit lebih sulit dihack ternyata tidak sepenuhnya benar. Seperti penulisan password yang tidak terbaca ini 'h@6#x2', password tersebut pendek dan sangat rumit namun belum tentu aman.

Salah satu penelitian yang dibahas oleh ArsTecnica tentang keamanan password menunjukkan bahwa password yang rumit tetapi pendek belum tentu aman. Penelitian tersebut dilakukan pada 1 milyar orang yang menggunakan password, 60% diantaranya lebih sering terkena hack karena menggunakan password yang rumit dengan delapan karakter. Berbeda jika Anda menggunakan password dengan 12 karakter yang lumayan rumit, karena hanya 12% responden yang password-nya dapat disusupi hacker.

Berdasarkan masalah tersebut, Microsoft memberikan solusi berupa tips untuk menjaga keamanan password Anda dari serangan hacker. Berikut tiga tips untuk membuat password Anda lebih aman:

  1. Buatlah singkatan yang mudah diingat tentang informasi yang penting bagi Anda. Misalkan informasi tentang tanggal lahir anak Anda, 'Anak pertama lahir tanggal 20 Desember 2004' dapat dijadikan password seperti berikut '4N4KPLT121204'.

  2. Masukkan angka pengganti, huruf besar-kecil, simbol, tanda baca, atau ejaan yang mudah Anda ingat, seperti contoh berikut: '4N4k (1) LT 12/12/04' (boleh menggunakan spasi di dalam password).

  3. Menghubungkan password dengan hobi olahraga yang Anda sukai. Misalnya Anda suka bermain futsal, dapat dibuat password seperti 'ILuv2PlayF03t$4L'.

Anda juga dapat berkreasi sendiri sesuai keinginan Anda, yang penting password itu mudah diingat, tidak terlalu umum, minimal 12 karakter dan tidak ada orang yang tahu tentang password Anda.

(brl/red)