Bocor, inilah keuntungan yang didapat Google dari Android

Bocor, inilah keuntungan yang didapat Google dari Android

Techno.id - Keberhasilan Google memang tak perlu diragukan lagi. Setelah Android lahir dan berkembang hingga saat ini, tak terbayang berapa keuntungan yang didapat setiap tahunnya.

Berkat seorang pengacara dari Oracle, angka tersebut akhirnya terkuak ke permukaan. Seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari Kamis (21/01/16) lalu, keuntungan fantastis tersebut diperoleh Google dari OS Android.

Seperti yang banyak diketahui, Android telah digunakan oleh banyak produsen ponsel. Sebenarnya, pihak Google sendiri merahasiakan keuntungan yang didapatnya dan tak ingin dipublikasikan.

Bocor, inilah keuntungan yang didapat Google dari Android

Ilustrasi ponsel berbasis Android
2016 mashable.com/mashable.com

Menurut Bloomberg, pengacara tersebut mengatakan bahwa keuntungan yang didapat Google dari OS Android adalah sebesar Rp 304,5 miliar. Angka tersebut muncul setelah Google menjalani proses persidangan yang melibatkan 2 perusahaan besar terkait tuntutan yang dilakukan Oracle. Google dituduh telah memodifikasi Java yang notabene milik Oracle dalam mengembangkan Android, tanpa kompensasi apapun.

Sementara itu, pihak Google sendiri sangat menyayangkan bocornya informasi tersebut. Menurut Google, dokumen yang berisi angka-angka keuntungan tersebut hanyalah untuk pihak Jaksa Penuntut Umum saja dan bukan untuk konsumsi publik.

"Data finansial yang bukan konsumsi publik tersebut sangatlah sensitif, dan bocornya informasi tersebut bisa berdampak negatif pada bisnis Google," ujar pengacara Google.

(brl/red)