Bikin film berbasis hasil riset, LIPI ingin edukasi kawula muda

Bikin film berbasis hasil riset, LIPI ingin edukasi kawula muda

Techno.id - Ada inovasi baru yang ditawarkan Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPK-LIPI). Salah satu tim yang dibawahinya, yakni Tim Penelitian Ketahanan Pangan, telah merilis hasil penelitiannya dalam bentuk film pendek.

"Tim Penelitian Ketahanan Pangan hasilkan film dari hasil penelitian tahun pertama, diharapkan ada buku dan paper di akhir tahun," demikian terang Kepala PKK-LIPI, Haning Romdiati.

Faktanya, ada misi tersendiri di balik diangkatnya hasil penelitian itu ke media film. Haning ingin kawula muda bisa menikmati film tersebut karena film berjudul Srono Urip (yang berarti sarana atau bekal hidup) itu mengangkat fenomena krisis regenerasi petani.

"Seharusnya bisa jadi daya tarik kaum muda untuk melihatnya," paparnya, seperti dikutip dari Antara (02/10/15).

Film berdurasi sepanjang 13 menit itu meliputi area penelitian yang ditampilkan di sana, yaitu sisi keluarga, sekolah, kepemilikan lahan, dan kegiatan nonpertanian. Adapun tiga tempat penelitian di Jawa Tengah yang dijadikan lokasi pengambilan gambar itu, yakni Desa Sidodadi, Kabupaten Sragen; Desa Kepuh, Kabupaten Sukoharjo; dan Desa Sidowayah, Kabupaten Klaten.

Alasannya, tiga kabupaten itu sudah sangat lama menjadi tulang punggung pertanian sawah Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, teknologi pertanian di sana sudah mulai dipakai, tetapi para pemuda setempat belum tergugah untuk kembali ke desa dan menjadi petani.

(brl/red)