CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 22 April 2016 20:00

Berkaca Apple vs FBI, Polisi AS minta aplikasi terenkripsi diblokir

FBI tak berkutik lawan Apple, dua polisi AS berpangkat tinggi ini meminta Apple dan Google memblokir aplikasi terenkripsi

Berkaca Apple vs FBI, Polisi AS minta aplikasi terenkripsi diblokir

Techno.id - Pada dasarnya, aplikasi terenkripsi ditujukan untuk melindungi konsumen dari serangan para peretas. Uniknya, enkripsi ternyata juga dianggap sebagai sebuah tamparan keras bagi pemerintah, khususnya pihak penegak hukum.

Setidaknya hal inilah yang kini tengah menghantui lembaga kepolisian AS. Akibat kasus Apple vs FBI, dua orang polisi berpangkat tinggi di negara tersebut meminta Apple dan Google memblokir aplikasi terenkripsi dari toko aplikasi mereka.

"Jika ada aplikasi yang dibuat dari luas AS namun tidak bisa mematuhi peraturan AS, maka mereka harus bersedia dihapus dari toko aplikasi," ujar Kepala Intelijen Kepolisian New York, Thomas Galati, sebagaimana dilansir Motherboard (19/04).

Hal senada pun juga diungkapkan Komandan Intelijen dan Investigasi Teknologi Indiana, Charles Cohen. "Apple dan Google adalah pihak yang paling bertanggung jawab untuk aplikasi terenkripsi di App Store dan Google Play," paparnya.

Sejauh ini baik pihak Apple maupun Google masih belum memberikan jawaban resmi terkait permintaan Galati dan Cohen. Merujuk pada spekulasi terkuat, besar kemungkinan bahwa dua polisi ini bakal menghadapi penolakan keras.

WHAT TO READ NEXT ?