CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 14 Desember 2015 17:00

Bandung sudah punya Smart Card, alat pembayaran non-tunai yang efektif

Kartu pintar itu bisa digunakan untuk beragam hal, mulai berbelanja, membayar tagihan, hingga kartu identitas dan kartu akses.

Bandung sudah punya Smart Card, alat pembayaran non-tunai yang efektif

Techno.id - Hari ini (14/12/15), Bandung Smart Card resmi diluncurkan. Proyek terapan program kota pintar dari Pemkot Bandung dan Bank Indonesia (BI) itu dicanangkan sebagai alat pembayaran non-tunai yang lebih mudah, cepat, dan efektif. Di samping itu, kartu pintar ini juga diharapkan mampu mendorong gerakan nasional non-tunai di Bandung.

"Bandung Smart Card dapat membantu masyarakat untuk berbagai kegiatan seperti belanja, pembelian tiket, pembayaran tagihan, sebagai kartu identitas serta kartu akses," demikian terang Kepala BI Perwakilan Jawa Barat, Rosmaya Hadi, pada wartawan Antara (14/12/15).

Dalam terapannya, Bandung Smart Card telah didukung oleh banyak pihak, yakni Bank Mandiri, BNI, Mega, BCA, BRI dan Telkom.

Sebelum diterapkan di seluruh wilayah Kota Kembang itu, Bandung Smart Card bakal diujicobakan di beberapa tempat dulu, seperti gerbang Trans Metro Bandung dan mesin parkir juga vending machine. Bandung sendiri dinilai siap untuk program ini, karena dari segi ekonomi, potensi ibu kota Provinsi Jawa Barat sangat besar. Hal ini, imbuh Rosmaya, tercermin dari indikator keuangan inklusif Kota Bandung.

WHAT TO READ NEXT ?