Alphabet: Pendapatan Google di kuartal ketiga cenderung naik

Alphabet: Pendapatan Google di kuartal ketiga cenderung naik

Techno.id - Alphabet baru saja merilis laporan pendapatan dari anak perusahaannya, Google selama kuartal ketiga tahun 2015. Dari laporan yang dirilis Alphabet tersebut, Google tercatat telah membukukan pendapatan sebesar Rp254,2 triliun atau naik sekitar 13 persen dari pendapatan yang berhasil diperoleh pada kuartal yang sama tahun lalu.

Seperti dikutip dari CNET (22/10/15), tren pendapatan yang cenderung naik dari Google di kuartal ketiga ini disumbang sebagian besarnya oleh pendapatan yang diraih layanan Google Search, OS Android, web browser Chrome, Google Maps, Play Store, dan YouTube. Total pendapatan yang dibukukan oleh layanan Google itu mencapai Rp176,7 triliun atau naik sekitar 6 persen dari kuartal sebelumnya, sedangkan sisanya disumbang oleh pendapatan dari klik iklan berbayar yang diberlakukan Google di hampir setiap layanannya.

Berkat peningkatan pendapatan tersebut, Alphabet mencatat pendapatan bersih perusahaan secara keseluruhan pun naik menjadi Rp54,1 triliun dibanding tahun lalu yang hanya mencapai Rp37,2 triliun saja.

"Pendapatan yang dicapai di kuartal ketiga ini menunjukkan kekuatan bisnis Google, khususnya dari segi layanan pencarian mobile. Dengan enam produk yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia, kami yakin peluang Google dan tentunya Alphabet akan semakin besar," ujar Ruth Porat, CFO Alphabet dan Google.

Kendati demikian, Ruth tak menampik jika naiknya pendapatan juga berpengaruh pada meningkatnya biaya produksi. Dalam rilis Alphabet tersebut, biaya operasional Google tahun ini dilaporkan mencapai Rp94,2 triliun atau naik sekitar Rp11,3 triliun dari biaya operasional yang harus dikeluarkan tahun lalu.

(brl/red)