CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 10 Februari 2016 22:00

7 Isu strategis dalam roadmap e-commerce Indonesia

Akhirnya yang ditunggu-tunggu sejak tahun lalu rilis juga.

7 Isu strategis dalam roadmap e-commerce Indonesia

Techno.id - Rapat koordinasi yang dilakukan lintas-kementerian hari ini, Rabu (10/2/2016) membahas roadmap e-commerce atau Peta Jalan E-Dagang Nasional. Rapat ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidan Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution.

Rapat Koordinasi ini juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta perwakilan dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Secara garis besar, ada tujuh isu strategis pada Peta Jalan e-dagang yang dibahas pemerintah yaitu:

1. Logistik
Pemanfaatan cetak biru Sistem Logistik Nasional (SISLOGNAS) untuk meningkatkan kecepatan pengiriman logistik e-dagang dan mengurangi biaya pengiriman. Pemerintah membantu pengembangan alih daya fasilitas logistik e-dagang khususnya untuk pengembangan e-dagang untuk UKM, penguatan perusahaan kurir lokal/nasional yang berdaya saing.

2. Pendanaan
Finalisasi RPP e-dagang, membentuk Badan Layanan Umum (BLU) yang dapat menyalurkan hibah pemerintah/Universal Service Obligation/subsidi pemerintah kepada digital UMKM dan startup e-dagang platform, optimalisasi lembaga keuangan bank sebagai penyalur KUR, skema penyediaan hibah untuk penyelenggaraan inkubator bisnis, skema penyediaan hibah yang sumbernya berasal dari CSR BUMN, skema penyertaan modal melalui modal ventura, skema penyediaan seed capital / ”bapak angkat” pemain Teknologi Informasi dan Komunikasi, pengembangan kebijakan urun dana sebagai alternative pendanaan termasuk kerangka manajemen resikonya.

WHAT TO READ NEXT ?