CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 9 Februari 2016 20:20

4 Tips aman menggunakan internet dari Symantec dan Norton

Symantec dan Norton sedang bagi-bagi tips aman menggunakan internet untuk merayakan Safer Internet Day.

4 Tips aman menggunakan internet dari Symantec dan Norton

Techno.id - Hari ini merupakan Safer Internet Day yang selalu digelar untuk menciptakan penggunaan internet aman di seluruh dunia. Ya, setiap tanggal 9 Februari seluruh pengguna internet seakan diingatkan bagaimana cara melindungi diri dari serangan cyber.

Symantec dan Norton sebagai pelaku teknologi digital juga merayakan Safer Internet Day. Namun, keikutsertaan mereka dalam merayakan Safer Inter Day tidak dibarengi dengan pesta atau pemberian hadiah, melainkan menawarkan beberapa tips aman dalam menggunakan internet.

Beberapa tips aman menggunakan internet yang dihadirkan Symantec dan Norton sebagai berikut.

Berhati-hati di media sosial

Jangan mengklik link dalam email mencurigakan atau pesan media sosial, terutama dari sumber yang tidak diketahui. Penipu tahu orang lebih cenderung mengklik link dari teman-teman mereka, sehingga mereka mencuri akun untuk mengirim link berbahaya ke kontak pemilik akun.

Ketahui apa yang Anda bagikan

Ketika memasang perangkat yang terhubung dengan jaringan, seperti router rumah atau termostat, serta mengunduh aplikasi baru, tinjaulah permintaan izin aplikasi atau perangkat tersebut untuk melihat data apa yang Anda berikan. Nonaktifkan akses jarak jauh bila tidak diperlukan.

Gunakan password yang aman

Gunakan password yang aman dan unik untuk akun dan perangkat Anda. Di samping itu, perbarui password secara berkala, idealnya setiap tiga bulan sekali. Terakhir, jangan pernah menggunakan password yang sama untuk beberapa akun.

Biasakan diri dengan prosedur keamanan kantor

Pertanyakan setiap email yang meminta tindakan tidak biasa atau tidak dengan prosedur yang lazim. Kalau perlu, jangan membalas email yang tampak mencurigakan. Untuk mengetahui kebenaran email tersebut, sebaiknya Anda mencari alamat pengirim dari buku alamat perusahaan dan tanyakan tentang pesan tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?