2016, pembangunan infrastruktur kereta api di Papua akan dimulai

2016, pembangunan infrastruktur kereta api di Papua akan dimulai

Techno.id - Keadaan Indonesia yang terbagi dalam pulau-pulau menjadi keterbatasan tersendiri dalam menyediakan moda transportasi massal berbasis rel. Selama ini, alat transportasi kereta api baru ada di Pulau Jawa dan Sumatera. Sementara di Sulawesi, pembangunan jalur kereta api bernama Trans Sulawesi akan dimulai akhir bulan ini.

Akan tetapi, Pemerintah telah mengusahakan agar masyarakat di Tanah Air bisa merasakan pembangunan yang merata. Dilansir oleh Antara (09/09/15), Presiden Joko Widodo memastikan bahwa proyek pembangunan infrastruktur kereta api di Papua akan dimulai tahun depan.

"Studi kelayakan pembangunan infrastruktur kereta api di Papua saya minta diselesaikan semester akhir 2015. Dengan begitu, mulai tahun depan (2016) proses pembangunannya sudah bisa dilaksanakan," terang mantan Walikota Solo itu di sela ground breaking pembangunan Light Rail Transit (LRT).

Akan dibangunnya sistem transportasi massal itu diharapkan bisa menjadi bukti bahwa Pemerintah serius dalam mencari solusi dari susahnya mobilitas masyarakat di Papua.

"Jangan sampai ada yang mengatakan Pemerintah hanya mengerjakan transportasi di Jawa saja," tambah Jokowi.

(brl/red)