Wow, flash sale bantu jual 2.000 smartphone tiap menit

Wow, flash sale bantu jual 2.000 smartphone tiap menit

Techno.id - Metode flash sale dinilai sukses membantu penjualan produk yang dipasarkan e-commerce di Indonesia. Wajar saja bila kemudian berbagai perusahaan e-commerce rajin menggelar program flash sale dalam memasarkan produk pilihannya.

Wow, flash sale bantu jual 2.000 smartphone tiap menit

Lazada yang mengklaim sebagai e-commerce pertama di Indonesia mengakui bahwa flash sale cukup efektif dalam memasarkan produk. Smartphone Redmi 2 yang dipasarkan lewat flash sale pada April lalu disebutkan berhasil terjual 40 ribu unit hanya dalam waktu 40 menit.

Tapi, untuk meraih kesuksesan lewat program flash sale diperlukan berbagai persiapan. Sebastian Sieber selaku Chief Marketing Officer Lazada Indonesia mengaku perusahaannya selalu mempersiapkan diri demi meraih kesuksesan di program flash sale.

"Pertama, produk yang akan masuk program flash sale harus bersifat eksklusif. Barangnya harus belum tersedia ditempat lain, supaya lebih banyak dicari pasar," kata Sebastian sewaktu ditemui tim Techno.id di kantor Lazada Indonesia, Selasa (22/9/2015).

Kedua, faktor harga disebutkan ikut berpengaruh pada kesuksesan program flash sale. "Sebaiknya harga jual di flash sale lebih rendah ketimbang harga pasaran. Sehingga orang akan rela berbondong-bondong untuk membelinya," tambah Sebastian.

Berikutnya, soal pengiriman produk jadi faktor pendukung yang sangat penting. Pengiriman barang yang tidak terlalu lama berselang dari periode pemesanan diklaim berfungsi untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen agar tak kapok ikut program flash sale.

Terakhir, persiapan matang di bagian infrastruktur mulai dari server hingga sistem online serta manajemen perusahaan. Sebastian mengaku perusahaannya memerlukan waktu dua hingga tiga minggu sebelum waktu program flash sale benar-benar dilaksanakan.

"Server dan sistem kita siapkan supaya siap menampung pengakses yang membludak. Biasanya kita tes dalam waktu dua sampai tiga minggu agar tak ada hambatan. Kita siapkan diri sampai di lebih dari 2.000 pemesanan bisa dilakukan dalam satu waktu karena angka lazimnya segitu," tandas Sebastian.

(brl/red)