CONNECT WITH US
Erick |
 5 November 2015 15:00

Tak cuma mobil, drone pun bisa terbang sendiri

Ketika teknologi autonomous pilot 'dikembalikan' pada dunia penerbangan masa kini, maka seperti inilah hasilnya.

Tak cuma mobil, drone pun bisa terbang sendiri

Techno.id - Banyak berita seputar teknologi autonomous pilot atau lebih dikenal dengan self driving. Teknologi yang awalnya digunakan dalam dunia penerbangan ini telah merambah pada kendaraan darat. Kini, tak hanya mobil saja yang menggunakan teknologi self driving.

Seperti yang telah diberitakan oleh The Verge pada hari Senin (02/11/15) lalu, teknologi tersebut telah 'dikembalikan' pada dunia penerbangan. Apa maksudnya? Ya, kini, drone pun telah mengadaptasi teknologi serupa, tanpa bantuan dari manusia yang memegang remote control.

Sebuah tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology telah merilis sebuah video. Dalam video tersebut, mereka sedang menguji coba sebuah pesawat mini tanpa awak (drone) bernama Pushbroom Stereo yang bisa terbang sendiri tanpa dikendalikan manusia.

Drone tersebut menggunakan sensor untuk mengenali objek seperti pohon dan benda-benda lainnya agar tak menabrak saat terbang. Sebuah kamera pun dipasang pada badan pesawat, lengkap beserta sensor untuk mengetahui bagaimana cara kerja drone saat terbang solo.

Sebuah drone lain pun diterbangkan di belakangnya, dikendalikan oleh para peneliti tersebut untuk merekam bagaimana terbang autonomous drone tersebut. Apa alasan mereka membuat drone pintar ini?

"Semua orang membangun drone belakangan ini, namun tak seorangpun mengetahui bagaimana caranya agar tidak menabrak," ujar Adam Barry, salah seorang ilmuwan MIT's Computer Science and Artificial Intelligence Lab (CSAIL) yang terlibat dalam proyek tersebut.

"Sensor seperti lidar (radar laser) terlalu berat untuk dibawa oleh pesawat kecil, dan menciptakan map tidaklah praktis. Jika kita menginginkan drone yang bisa terbang dengan cepat dan menavigasi dengan baik, maka kita membutuhkan algoritma yang lebih baik dan cepat," pungkasnya.

Drone ini juga dilengkapi dengan prosesor yang lebih kuat dari smartphone manapun. Untuk lebih jelasnya, simak saja videonya berikut ini...

 

WHAT TO READ NEXT ?