Setelah Surabaya, kini giliran Jakarta gelar Startup Weekend

Setelah Surabaya, kini giliran Jakarta gelar Startup Weekend

Techno.id - Setelah cukup sukses dengan gelaran bootcamp kompetisi Startup Sprint di Surabaya, kini gelaran serupa dikabarkan juga akan diselenggarakan di Jakarta. Kompetisi bertajuk Startup Weekend Jakarta ini kabarnya akan diselenggarakan pada 2 hingga 4 Oktober mendatang.

"Kami tertarik menciptakan fondasi yang kuat untuk ekosistem perusahaan rintisan di Indonesia dan membantu para generasi muda untuk menjadi seorang pengusaha terutama di bidang teknologi," ungkap Yansen Kamto, Kepala Eksekutif KIBAR yang juga mitra lokal penyelenggaraan Startup Weekend Jakarta 2015.

Seperti dikutip dari Antara (26/9/15), model kompetisi yang diusung oleh Startup Weekend Jakarta sedikit unik karena akan mengumpulkan peserta bersama dan membentuk sebuah tim untuk membangun produk serta meluncurkan sebuah startup pada akhir pekan. Selain itu, nantinya peserta akan dipertemukan dengan para mentor berpengalaman agar mereka memiliki paradigma bahwa membangun bisnis yang berhasil tidak hanya bermodal uang atau hanya mengharapkan kucuran dana dari investor.

Yansen menambahkan, kompetisi yang akan dihelat di Conclave Coworking Space Jakarta ini akan terbagi dalam beberapa sesi. Di hari pertama, peserta akan diajak untuk melakukan presentasi di depan peserta lain dan ide kreatif mereka akan dipilih untuk selanjutnya dibentuk tim.

Kemudian, tim yang terbentuk akan membangun ide dengan dibantu para mentor yang merupakan para ahli di masing-masing bidang. Tim yang telah melalui proses mentoring akan dinilai oleh juri berpengalaman seperti Shinto Nugroho, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah di Google Indonesia serta Wicak Hidayat, Editor Kompas Tekno.

Yansen mengharapkan dengan gelaran seperti ini, lebih banyak bermunculan pengusaha-pengusaha startup dari kalangan anak muda yang bakal meramaikan persaingan teknologi bukan saja ditingkat nasional melainkan juga internasional.

(brl/red)