Reblood ingin Indonesia tak kekurangan stok darah lagi, bantuin yuk!

Reblood ingin Indonesia tak kekurangan stok darah lagi, bantuin yuk!

Techno.id - Sampai saat ini, Indonesia termasuk negara yang sering kehabisan stok darah. Bahkan warganya masih kekurangan lebih dari 2 juta liter darah per tahunnya. Tak ingin kondisi mengkhawatirkan ini berlanjut terus, sekelompok anak muda yang dikomando oleh Leonika Sari membentuk Reblood dan mencoba mengubah fakta miris itu.

"Kita bikin kondisi di mana stoknya nggak akan kosong. Dengan cara, ya berarti yang mendonor harus lebih banyak," kata Leo yang menjabat sebagai CEO di Reblood.

Reblood ingin Indonesia tak kekurangan stok darah lagi, bantuin yuk!
Leonika Sari, CEO Reblood di Startup Sprint Surabaya Bootcamp 2015 techno.id

Leo dan timnya pun mengusut penyebab kurangnya kantong darah ini hingga sampailah mereka pada dua penyebab utama. Pertama, masyarakat masih kesulitan untuk datang ke PMI langsung. Ya, terbatasnya unit penerima donor darah di sebuah kota plus padatnya kesibukan, menurut mereka, adalah kombinasi dahsyat untuk memupuskan niat seseorang untuk mendonorkan darahnya.

Hal lain yang menghambat terisinya stok kantong darah PMI adalah banyak masyarakat yang berniat mendonorkan darahnya tetapi terpaksa ditolak karena beberapa syarat, misalnya kurang tidur atau tekanan darahnya terlalu rendah.

Nah, untuk memecahkan persoalan tersebut, Reblood mencoba menawarkan solusi konkret. Mereka mendata semua event donor darah yang ada di Surabaya, mulai di daerah sekolah, kampus, hingga perkantoran lengkap dengan jamnya, lalu menyajikannya pada user yang sudah terdaftar. Kemudian, Reblood juga akan memberikan reminder pada user melalui SMS sejak tiga hari sebelum acara sampai hari-H supaya user tidak lupa.

Juga yang tak kalah penting, Reblood pun rela untuk mengirimkan tips via pesan singkat agar user bisa menjaga kesiapan tubuhnya sebelum mendonorkan darahnya. Edukasi ini di antaranya meliputi tips mengatur pola makan dan istirahat.

"Kemarin ya anak-anak ITS yang dapat SMS itu juga merasa 'wah Reblood kok care ya?', jadi kayak pacar yang baik gitu, ngingetin jangan lupa sarapan, tidur yang cukup," papar alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu sambil bercanda saat diwawancarai tim Techno.id (27/09/15).

Reblood ingin Indonesia tak kekurangan stok darah lagi, bantuin yuk!

Langkah yang ditempuh Reblood ini bertujuan untuk memacu masyarakat agar lebih terdorong untuk mendonorkan setetes darahnya pada yang membutuhkan. Sebab sekarang ini, inisiatif masyarakat untuk mendonorkan darahnya masih jauh dari cukup, tetapi permintaan darah hampir selalu ada di setiap saat dan tak bisa menunggu lama. Salah satu tolok ukur keberhasilan Reblood sendiri dapat terlihat dari peningkatan success rate dalam tiap event donor darah.

Jika berminat untuk menjadi Hero baru untuk Reblood, silakan saja mendaftarkan diri Anda langsung di situs Reblood.com.

(brl/red)