CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 24 Oktober 2015 17:43

Menkominfo: Masalah Indonesia bisa dipecahkan lewat startup

Menkominfo akui jika startup Tanah Air sebenarnya bisa menyelesaikan berbagai persoalan Indonesia

Menkominfo: Masalah Indonesia bisa dipecahkan lewat startup

Techno.id - Kepada para finalis The NextDev Telkomsel, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, berbagai persoalan yang ada di Indonesia sebenarnya bisa diselesaikan oleh para startup Tanah Air.

Ia pun kemudian mencontohkan tentang persoalan ketahanan pangan, energi, dan kelautan yang dihadapi Indonesia. Menurutnya, teknologi juga memiliki peran di dalamnya. Misalnya, dalam urusan rantai distribusi.

"Pemerintah itu, fokus di salah satunya ketahanan pangan. Di mana kalau kita tahu sistem distribusi di sektor ini, juga masih ada permasalahan. Bisa saja dengan teknologi, mampu menjadi jalan keluar dari persoalan rantai distribusi tersebut. Kemudian ada energi dan kelautan. Itu juga banyak. Dari sisi nelayan misalnya, pasti memiliki permasalahan sendiri," ujarnya sebagaimana dikutip dari Merdeka, Sabtu (24/10).

Menurut pria yang juga akrab disapa Chief RA itu, semakin jeli permasalahan yang ada, maka potensi untuk sukses juga semakin terbuka lebar. Terlebih lagi, jika para startup Tanah Air bisa memecahkan suatu permasalahan besar di Tanah Air, maka kesuksesan yang lebih besar pun bakal tercapai.

"Intinya, makin sulit masalah yang akan dipecahkan, maka peluang kesuksesannya pun juga akan semakin besar. Kuncinya itu," sambungnya.

Dalam membuat aplikasi yang berkualitas, menurutnya, adalah sesuai dengan permasalahan yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat. Sayangnya, hal ini masih belum optimal mengingat dana startup di Indonesia masih banyak yang berasal dari pihak swasta.

"Singapura dan Brunei tawarkan pendanaan untuk startup. Brunei kasih (dana) ke startup 50.000 dollar Brunei," tandasnya.

WHAT TO READ NEXT ?