CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 14 Januari 2016 11:00

Masuki usia ke-17, Mimin berbagi kisah manis di Kaskus

"Memang gak pernah sekalipun terpikirkan bisa seperti sekarang ini. Waktu itu yang penting dibikin ada website..."

Masuki usia ke-17, Mimin berbagi kisah manis di Kaskus

Techno.id - Kaskus telah tumbuh menjadi komunitas online terbesar di Indonesia dengan jutaan anggota di dalamnya. Memasuki usianya ke-17, Andrew Darwis sebagai salah satu pendiri Kaskus berbagi kisah apa yang sudah dicapai perusahaannya.

Andrew yang biasa dikenal sebagai Mimin bagi pengguna Kaskus mengaku mendirikan Kaskus di tahun 1999 sebagai tugas sekolah dan iseng belaka. Kala itu, ia hanya berpikir hanya perlu membuat website dan ada kunjungan yang dilakukan orang ke situsnya.

"Memang gak pernah sekalipun terpikirkan bisa seperti sekarang ini. Waktu itu yang penting dibikin ada website, ada trafik dan orang datang ke website kita. Itu bagi kita sudah senang banget. Makanya dari awal hingga tahun 2008, kita growth,” kata Andrew.

Pertumbuhan berkesinambungan yang diraih Kaskus diakui merupakan hasil kerja keras bersama antara pengelola situs bersama para anggota komunitas yang diakui memiliki loyalitas tinggi. Tim besar, pasang iklan dan kampanye lain untuk meningkatkan pertumbuhan disebutkan Andrew tidak pernah dilakukan Kaskus pada masa awal.

"Kita gak pernah memakai tim, gak pernah pasang iklan, pokoknya gak pernah ngapa-ngapain. Pokoknya di Kaskus kita bisa ngapa-ngapain, bisa beli ini dan itu. Karena waktu itu kita kan gak punya duit, jalani ya apa adanya lah. Kalau servernya sudah gak kuat, kita minta sama user Kaskuser,” tambahnya.

Ia juga menyebutkan solidaritas yang biasa ada di dalam komunitas konvensional juga terasa kental di dalam komunitas Kaskus. Setiap perlu dana untuk meningkatkan kapasitas, Andrew mengaku hanya perlu melontarkan kebutuhannya secara langsung ke situs yang didirikannya tersebut.

"Ini juga kan solidaritas ya komunitas itu, jadi mereka tahu eh si mimin (Andrew) ini gak punya duit, kita bantu yuk. Terus kalau ada yang mau nyumbang, kita bikin thread terus kasih informasi dan nomor rekening. Misalnya, bulan ini kita butuh 1500 dollar, nanti ada yang kirim 5 dollar, 10 dollar, 20 dollar. Kita beruntung banget punya komunitas yang kuat yang akhirnya kita bisa sampai seperti ini,” jelas Andrew.

Memasuki usia ke-17 yang akan jatuh pada tanggal 6 November mendatang, Kaskus mengaku akan fokus ke mobile. Ia melihat para pengguna internet di indonesia memiliki aktivitas yang sangat tinggi melalui berbagi perangkat mobile.

"Tahun ini kita bakal akan lebih fokuskan ke mobile ya. Kan orang-orang sekarang banyak yang akses itu dari mobile ya. Dulu waktu tahun 2008 saat kita balik ke Indonesia, prediksi kita kayaknya mobile hanya sebagai pelengkap saja nih, eh ternyata salah tahu-tahu mobile sekarang berkembang,” tandas Andrew.

WHAT TO READ NEXT ?