LepasKunci.com hadir karena pengalaman pribadi

LepasKunci.com hadir karena pengalaman pribadi

Techno.id - Berawal dari pengalaman pribadi saat berlibur ke Bali dan kesulitan saat menyewa mobil (baik dari sisi harga dan administrasi), Suhartanto akhirnya berinisiatif untuk mendirikan LepasKunci.com. Saat itu pula, ia mempelajari industri rental mobil serta melakukan analisa pasar di Indonesia.

"Kami menemukan banyak pemain rental mobil di Indonesia yang bergerak di segmen kecil dan menengah banyak dimiliki oleh pribadi. Data yang kami dapatkan pun ada lebih dari 5.000 penyedia jasa rental mobil dengan lebih dari 500.000 kendaraan sewa," ungkap Suhartanto selaku Founder LepasKunci.

Bersama rekannya Yudhi Prasetya, mereka membangun LepasKunci sebagai marketplace sewa menyewa mobil yang juga sekaligus menyediakan jasa driver (sopir). LepasKunci adalah 'wadah' online untuk mempertemukan penyedia jasa rental mobil dengan para calon penyewa dengan transaksi yang mudah serta aman.

Menariknya, startup ini diklaim telah 'terhubung' dengan berbagai rental mobil dari seluruh kota di Indonesia. Calon penyewa juga dimanjakan dengan melakukan perbandingan dari satu rental ke rental mobil lainnya sebelum melakukan pemesanan.

Bagi calon penyewa, mereka cukup melakukan registrasi yang dapat dilakukan melalui akun Facebook maupun email. Sedangkan untuk jasa penyewa harus melakukan verifikasi data guna menyertakan data yang lebih spesifik guna mendapatkan kelancaran dalam bertransaksi maupun kepercayaan konsumen.

Sedangkan bagi sopir, verifikasi foto SIM A dan KTP diperlukan sebagai syarat utama untuk mendaftarkan diri ke situs LepasKunci. Hal ini juga dimaksudkan agar calon penyewa tidak perlu merasa ragu dengan sopir yang secara tidak langsung disediakan oleh pihak LepasKunci.

Bicara soal dana, LepasKunci masih mengandalkan bootstraping sekaligus membuka peluang bagi para investor. Metode yang digunakan yakni potongan sebesar 10 persen dari setiap transaksi yang terjadi.

Adapun varian mobil yang disediakan oleh LepasKunci di antaranya yakni jenis MPV, City Card, APV/Minibus, PickUp, Luxury MVP, Luxury Sedan, Truk, Box dengan harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 1,5 juta per hari (khusus varian Alphard Vellfire di Jakarta).

Meskipun ditargetkan untuk diluncurkan dalam dua bulan mendatang, Suhartanto sudah memiliki rencana untuk jangka panjang. Suhartanto berniat membuat situsnya dapat bekerja sama dengan pihak asuransi, serta masuk ke segmen peer-to-peer car rental.

"Untuk tahap awal, LepasKunci membidik pemilik rental mobil skala kecil dan menengah. Tapi ke depannya, kami akan masuk ke segmen peer-to-peer car rental di mana pemilik mobil pribadi yang mempunyai jumlah ekstra dan ingin memiliki tambahan income dapat menawarkan jasa sewa mobil di sini," imbuh Suhartanto.

(brl/red)