KreditGoGo ramaikan pembanding keuangan online di Indonesia

KreditGoGo ramaikan pembanding keuangan online di Indonesia

Techno.id - Sebuah laporan dari McKinsey menunjukkan bahwa pola industri tabungan dan investasi di Indonesia diperkirakan akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa dalam satu dekade terakhir, industri ini telah meningkat hingga enam persen. Bahkan, PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia juga telah mendapatkan sumbangan sebanyak delapan persen.

Fakta inilah yang sedang dimaksimalkan potensinya oleh situs KreditGoGo, startup baru yang menawarkan pinjaman pribadi, kredit mobil, pegadaian, kartu kredit, dan asuransi kesehatan secara online. Meskipun baru diluncurkan pada Maret 2014, startup ini sudah menggandeng sekitar 27 lembaga jasa keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejauh ini, sudah ada dua pemain yang telah mendukung operasi KreditGoGo di Indonesia. Mereka adalah Celebes Capital, perusahaan VC asal Indonesia yang mengkhususkan diri pada ranah jasa keuangan, dan Saving Plus, perusahaan asal Malaysia yang memiliki dua platform jasa keuangan online yakni Save Money dan RinggitPlus.

Mirip dengan website pembanding produk keuangan lainnya, KreditGoGo menggunakan metode click-to-brick. Yaitu menyediakan layanan penuh untuk penyedia jasa keuangan mulai dari mendapatkan lead (saat pengguna berhasil diarahkan ke perusahaan keuangan) hingga pengajuan produk keuangan. Metode ini meliputi seluruh proses manajemen mulai dari interaksi online hingga bertatap muka dengan pelanggan.

Saat ini, tim KreditGoGo mengklaim bahwa mereka dapat mengirim kurir ke seluruh wilayah di Indonesia, dan tergantung kesepakatan yang mereka miliki dengan lembaga keuangan yang bekerjasama dengan mereka. KreditGoGo juga mengklaim bahwa mereka tidak membebani pelanggan karena telah melakukan monetasi dari bank dan perusahaan keuangan yang bekerjasama dengan mereka berdasarkan jumlah lead dan pengajuan keuangan yang dilakukan oleh pelanggan.

Rencana ke depan dari tim KreditGoGo juga patut diapresiasi. KreditGoGo ingin tetap menjaga hubungan baik dengan para pelanggan dengan meluncurkan sebuah website komunitas. Website tersebut nantinya akan digunakan untuk menyediakan berbagai artikel yang berhubungan dengan tips menghemat, perencanaan serta forum diskusi. Pengguna juga nantinya dapat berbagi tentang hal-hal keuangan pribadi atau tips dan trik kepada pengguna lain tentang cara mengelola uang.

(brl/red)