Startup e-commerce pertama di Indonesia yang mendukung aplikasi mobile

Startup e-commerce pertama di Indonesia yang mendukung aplikasi mobile

Techno.id - Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan layanan pembuat website bagi Anda yang ingin memulai usaha toko online atau yang juga dikenal dengan e-commerce. Sebagai pemilik toko online, layanan e-commerce yang menawarkan akses penuh di mana dan kapan saja pastinya adalah harapan setiap pelaku bisnis. Dari sekian banyak situs e-commerce yang beredar di Indonesia, ternyata Jarvis Store adalah satu-satunya layanan yang saat ini baru memilikinya.

Didirikan pada Mei 2013, Jarvis Store adalah salah satu startup Indonesia yang menyediakan layanan pembuatan website e-commerce gratis. Situs yang berbasis di Bali ini lebih membidik para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk membangun sebuah toko online profesional dengan cara yang cepat dan mudah.

Hal yang berbeda antara Jarvis Store dan para kompetitornya adalah selain desktop, situs ini juga membidik pelaku bisnis yang ingin menjalankan toko online melalui ponsel. Dengan kata lain, Jarvis Store adalah startup e-commerce pertama di Indonesia yang mendukung aplikasi mobile khususnya pengguna platform Android.

Pada awalnya R. Frianto Moerdowo selaku CEO mengaku bahwa Jarvis Store dulu hanya fokus di desktop. Namun seiring pesatnya perkembangan pasar mobile di Indonesia, Frianto mengamati bahwa pelaku bisnis kecil dan menegah lebih banyak menjalankan bisnis online mereka melalui ponsel. Hingga akhirnya pada Maret 2014, Jarvis Store secara resmi meluncurkan aplikasi Jarvis Store versi Beta di Google Play.

Hal yang membedakan Jarvis Store versi desktop dan mobile adalah fitur-fiturnya. Jarvis Store versi mobile lebih sederhana dan hanya menyediakan beberapa fitur penting saja seperti statistik pengunjung, manajemen order/produk/kategori, laporan order/produk, dan unggah foto produk.

Jarvis Store ke depannya akan merilis sebuah marketplace untuk mengumpulkan para pelaku bisnis kecil dan menengah yang telah menggunakan platform Jarvis Store untuk membantu meningkatkan proses marketing bisnis mereka.

Sejauh ini, Jarvis Store sudah menjuarai Indigo incubator 2013 dan nominasi INAICTA 2013. Startup yang telah berbadan hukum PT. Mora Pratama Kreasindo sejak Desember 2013 ini telah mendapatkan pre-seed funding dari PT. Telkom Indonesia Tbk serta pendanaan dari dua angel investor.

(brl/red)