CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 14 Desember 2015 10:00

Ini 3 negara penghasil startup teknologi terbanyak di dunia

Selain Amerika Serikat dan Inggris, ternyata India juga masuk ke daftar ini.

Ini 3 negara penghasil startup teknologi terbanyak di dunia

Techno.id - Ekosistem industri teknologi dan informasi global semakin hari semakin berkembang saja. Buktinya, startup baru terus bermunculan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Di Indonesia, misalnya, ada Go-Jek, Kaskus, Traveloka, dan unicorn lain yang sudah membangkitkan gairah sektor ini sekaligus memacu lahirnya startup lainnya.

Namun, di dunia ini, setidaknya ada tiga negara yang memiliki basis startup TI yang kuat dan perkembangan yang sangat cepat. Negara tersebut menurut National Association of Software and Services Companies (NASSCOM) adalah Amerika Serikat, Inggris, dan India.

Dikutip dari ZDNET.com (11/12/15), lembaga itu turut menyebut kalau di AS, ada sekitar 47 ribu startup yang menggarap ladang ini. Sementara di Inggris, selisihnya cukup jauh, yakni 4.800 sampai 5.000. India sendiri menampung 4.000-an perusahaan rintisan berbasis TI.

Masuknya India di daftar ini sebenarnya juga tak terlalu mengagetkan. Sebab, India telah mengalami pertumbuhan ekosistem startup tercepat di dunia, yakni sekitar 1.000 startup per tahun. Sepanjang tahun 2014, baru ada sekitar 3.100 startup yang telah beroperasi. Tak ayal di tahun 2020 nanti, populasi startup di India diprediksi terus meningkat hingga berjumlah setidaknya 11.500.

Di sisi lain, pemerintah telah menyatakan sikap untuk mendukung pengembangan startup teknologi di Indonesia. Tahun 2020 mendatang, ditargetkan di Tanah Air bakal ada 1.000 startup, dengan kehadiran sekitar 200 startup berkualitas tiap tahunnya.

WHAT TO READ NEXT ?