YouTube akan pungut bayaran mulai akhir 2015

YouTube akan pungut bayaran mulai akhir 2015

Techno.id - Sebagaimana diketahui, keberlangsungan situs portal video terbesar di dunia YouTube sejauh ini hanya bergantung pada iklan. Namun di akhir tahun ini, situs yang berada di bawah naungan Google tersebut berencana akan menyediakan layanan berbayar baru bagi pengguna yang ingin streaming video tanpa iklan.

Meskipun belum diaplikasikan dalam waktu dekat, layanan baru ini diklaim akan sanggup menyasar hingga 90 persen dari total pengguna YouTube dari seluruh dunia. Seperti dikutip dari situs Bloomberg (09/04/2015), di layanan baru ini, YouTube akan memanfaatkan konten artis tenar seperti PewDieDie dan video musik lainnya.

Sayangnya, YouTube masih belum menyediakan layanan untuk acara televisi terkemuka seperti Fox, NBC, atau CBS. Pasalnya, perusahaan-perusahaan televisi tersebut mengganggap YouTube hanya merupakan platform promosi yang dapat dimanfaatkan untuk menayangkan streaming klip pendek atau trailer dan bukan pertunjukkan penuh.

"Kami mengalami kemajuan sesuai rencana. Kami memiliki dukungan dari mayoritas mitra kami dengan lebih dari 90 persen waktu tayang ditutupi oleh perjanjian dan sebagian besar saluran akan tertutup," ujar pernyataan resmi YouTube melalui laman resminya.

Jika semua berjalan sesuai rencana, YouTube akan mulai menyediakan layanan berbayar barunya ini pada akhir tahun 2015 mendatang. Meskipun belum ada pengumuman resmi dari pihak YouTube terkait harga layanan baru ini, beberapa sumber mengungkapkan bahwa harga yang dipatok nantinya sebesar USD 10 atau setara dengan Rp 130.000 per bulannya.

(brl/red)