Waspada, telah beredar tombol Dislike abal-abal!

Waspada, telah beredar tombol Dislike abal-abal!

Techno.id - Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Facebook mengumumkan rencana untuk menghadirkan tombol Dislike pada layanan jejaring sosialnya tersebut. Sayangnya, seminggu berselang setelah pengumuman tersebut pengguna melaporkan bahwa telah beredar kampanye uji coba tombol Dislike yang diperkirakan abal-abal alias palsu.

Kampanye uji coba tombol Dislike palsu itu diduga kuat merupakan bagian dari jaringan penipuan yang menyasar pengguna Facebook yang tak paham betul mengenai sistem keamanan dari jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Kabarnya, kampanye uji coba tombol Dislike abal-abal ini bakal meminta pengguna untuk mengklik pada link tertentu.

Setelah pengguna tergoda mengklik link tersebut, maka pengguna akan dibawa ke situs web terpisah dan diminta untuk mengisi sebuah formulir. Di saat pengisian formulir itulah pengguna diminta mengisi kolom username dan password yang nantinya digunakan untuk meretas akun Facebook dengan mengirimkan link spaming kepada rekan-rekan pengguna baik melalui timeline maupun kotak pesan.

Menurut laporan dari Softpedia (21/9/15), selain dapat menyebabkan akun Facebook pengguna diretas, link abal-abal tersebut bakal menyebabkan terinstalnya sejumlah virus seperti malware, adware, atau spyware ke PC atau laptop pengguna. Jadi, saat laptop atau PC pengguna tak dilindungi sistem keamanan yang baik, maka kemungkinan PC atau laptop terinfeksi virus menjadi lebih besar.

Waspada, telah beredar tombol Dislike abal-abal!

Tampilan kampanye uji coba Dislike abal-abal 2015 Softpedia.com

(brl/red)