CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 2 April 2016 11:55

Twitter sekarang vs Facebook 3 tahun lalu, siapa yang menang?

Dari segi duit dan user, Facebook menang telak.

Twitter sekarang vs Facebook 3 tahun lalu, siapa yang menang?

Techno.id - Tahun ini, genap 1 dekade Twitter berkiprah sebagai layanan jejaring sosial. Namun, raihan perusahaan pimpinan Jack Dorsey itu sekarang masih kurang memuaskan. Faktanya, kalau dibandingkan dengan pendapatan Facebook saat berumur 10 tahun juga, Twitter tertinggal jauh.

Di kuartal akhir 2015, misalnya, revenue Twitter hanya mencapai Rp9 triliunan. Sementara Facebook sudah melebihi titik Rp33 triliun.

Kalau dilihat dari net profit-nya, gap antara Twitter dan Facebook makin kentara. 3 tahun lalu, Mark Zuckerberg cs sanggup mengantongi laba Rp7 triliun. Twitter? Jangankan keuntungan, mereka malah merugi Rp1 triliunan.

Ketimpangan lain juga terjadi dari populasi user. Per bulannya, Twitter digunakan oleh 305 juta orang. Jumlah itu bahkan tidak ada setengahnya dari Facebook pada Q4 2013 lalu, dengan 1,2 miliar lebih pengguna. Kini, masyarakat dunia yang mengakses platform berusia 12 tahun itu bahkan sudah menyentuh nominal 1,6 miliar.

Dengan kenyataan ini, Twitter sepertinya juga harus rela menanggalkan titelnya sebagai pesaing nomor satu Facebook. Sebab, dengan kondisinya yang sekarang, hampir mustahil rasanya untuk mengejar ketertinggalan dari Facebook.

Perbandingan Twitter dan Facebook saat usianya masih sama-sama 10 tahun
© 2016 Statista

 

WHAT TO READ NEXT ?