Snapchat saingan sama Facebook, 8 miliar video ditonton setiap hari

Snapchat saingan sama Facebook, 8 miliar video ditonton setiap hari

Techno.id - Pertempuran fitur video online tak lagi dilakukan antara Facebook dengan YouTube. Pasalnya, hari ini Snapchat telah mengumumkan bahwa layanan video onlinenya telah ditonton 8 miliar kali setiap hari. Hal ini sama seperti laporan Facebook pada bulan November lalu yang mengatakan videonya telah ditonton 8 miliar kali oleh pengguna Facebook.

Menurut laporan Evan Spiegel selaku CEO Snapchat, jumlah tayangan video yang ditonton di Snapchat sudah meningkat lima kali lebih besar dari jumlah tayangan video di tahun lalu. Evan Spiegel mengklaim bahwa 8 miliar tayangan video di Snapchat telah menyamai jumlah penayangan video di Facebook setiap hari.

Meski jumlah penayangan videonya memiliki kesamaan antara Snapchat dengan Facebook, tetapi jumlah pengguna yang menonton videonya berbeda. Diketahui, Snapchat memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif harian (jumlah belum resmi), sementara Facebook telah mempunyai pengguna aktif harian sekitar 1,04 miliar.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata pengguna Snapchat yang lebih sedikit dari Facebook ini melihat video lebih banyak dari pengguna Facebook. Terlebih lagi, menonton video di Snapchat harus dilakukan oleh pengguna sendiri, sedangkan di Facebook videonya dapat diputar secara otomatis, seperti yang dilansir oleh BusinessInsider (1/3/2016).

(brl/red)