CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 16 Desember 2015 10:00

RIP fitur sinkronisasi foto Facebook

Facebook dikabarkan bakal segera menonaktifkan fitur sinkronisasi foto di aplikasi mobile-nya.

RIP fitur sinkronisasi foto Facebook

Techno.id - Facebook dikabarkan bakal segera menonaktifkan fitur sinkronisasi foto di aplikasi mobile-nya. Mulai tahun depan, pengguna Facebook versi aplikasi mobile tak bisa lagi menikmati fitur sinkronisasi otomatis itu lagi.

Seperti dilansir oleh NDTV (15/12/15), terhitung mulai 10 Januari pengguna hanya bisa mengupload foto pribadinya melalui aplikasi khusus Moments yang dirilis awal tahun 2015 ini.

"Mulai minggu ini, fitur sinkronisasi di aplikasi mobile akan mulai dinonaktifkan hingga nanti 10 Januari," ujar salah satu juru bicara Facebook.

Juru bicara Facebook tersebut juga mengungkapkan jika pengguna yang selama ini telah menggunakan fitur sinkronisasi otomatis akan mulai diarahkan untuk memindahkan fotonya ke aplikasi Moments.

"Pengguna yang selama ini mengupload foto melalui fitur sinkronisasi selanjutnya akan kami arahkan untuk memindahkan foto ke aplikasi Moments. Mereka bisa memillih ingin melihat, mendownload, atau malah menghapus fotonya sebelum dipindah ke Moments," tambah juru bicara Facebook tersebut.

Sekadar informasi, fitur sinkronisasi foto yang diluncurkan pada tahun 2012 itu menawarkan pilihan untuk mengupload dan mengambil cadangan foto dari perangkat mobile secara otomatis. Foto yang diupload otomatis melalui fitur sinkronisasi tersebut selanjutnya akan dibagi ke beberapa album pribadi di Facebook dan memungkinkan pengguna untuk mengedit atau malah menghapus foto tersebut.

Aplikasi Moment yang dilaporkan akan mengganti fitur sinkronisasi ini sejatinya mengusung sistem yang hampir sama. Namun, Moments dikabarkan lebih canggih dalam hal teknologi pengenalan wajah karena aplikasi baru itu didukung algoritma cerdas untuk membantu memilah dan berbagi foto.

Sebagai catatan, bagi Anda yang tak ingin memindahkan foto ke aplikasi Moment maka ada cara yang bisa Anda tempuh supaya foto-foto tak serta merta hilang saat fitur ini telah dinonaktifkan. Pihak Facebook mengungkapkan jika pengguna bisa saja mendownload file zip dari foto mereka untuk kemudian disinkronisasikan pada komputer mereka atau juga langsung menghapusnya dari Facebook.

 

WHAT TO READ NEXT ?