Rayakan Hari Anak Nasional, Google sulap laman utama

Rayakan Hari Anak Nasional, Google sulap laman utama

Techno.id - Google diam-diam ikut merayakan Hari Anak Nasional (HAN) Indonesia yang jatuh hari ini, 23 Juli. Peringatan HAN oleh Google terlihat dari doodle di halaman utama pencarian digitalnya yang sengaja disulap berbentuk ikon tulisan Google yang tengah bermain layaknya anak-anak.

Peringatan Hari Anak Nasional yang dirayakan di Indonesia ternyata berbeda dengan negara lainnya. Di seluruh dunia, hari anak dirayakan secara serentak pada tanggal 20 November yang telah dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai induk organisasi negara-negara dunia.

Sedangkan organisasi anak di bawah PBB, yaitu UNICEF untuk pertama kali menyelenggarakan peringatan hari anak sedunia pada bulan Oktober tahun 1953. Tanggal 14 Desember 1954, Majelis Umum PBB lewat sebuah resolusi mengumumkan satu hari tertentu dalam setahun sebagai hari anak sedunia yaitu pada tanggal 20 November.

Penggagas penyelenggaraan hari anak nasional adalah Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden nomor 44 tahun 1984. Pentingnya anak sebagai titipan negara pada keluarga diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 1979. Penetapan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional dipilih karena bertepatan dengan tanggal diundangkannya UU.No.23 Tahun 1979 tersebut.

Pemerintah Indonesia ikut merayakan hari anak sebagai upaya mewujudkan anak-anak Indonesia yang sejahtera. Anak yang sejahtera disebutkan adalah anak-anak yang gembira, sehat, dan kebutuhannya terpenuhi. Anak-anak perlu hidup sejahtera kerena anak-anak adalah generasi masa depan bangsa.

(brl/red)