CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 13 Maret 2016 19:00

Marvel vs DC, siapakah yang paling populer di dunia maya?

Menurut riset dari Unmetric, The Avengers dan kawan-kawan bisa dibilang unggul secara keseluruhan dibanding Justice League cs.

Marvel vs DC, siapakah yang paling populer di dunia maya?

Techno.id - Sebagaimana diketahui bersama, kompetisi antara Marvel dan DC Comics sudah berlangsung sangat lama. Contohnya, mereka belakangan gencar meluncurkan film-film superhero buatannya dan banyak yang menjadi box office. Fans garis keras masing-masing kubu pun jumlahnya tak sedikit dan terus tumbuh lintas zaman.

Di dunia maya sendiri, seperti apa sih persaingan Marvel dan DC? Unmetric memiliki jawabannya. Berdasarkan pantauan mereka, yang dipublikasikan oleh AdWeek.com (11/03/16), Marvel begitu populer di Facebook pun di Twitter.

Untuk sampai di kesimpulan itu, Unmetric mengamati akun medsos resmi Marvel dan DC selama 1 Januari 2015 sampai 8 Maret 2016. Di Facebook, Marvel terbukti memiliki fan base yang jauh lebih besar dan terus tumbuh.

Dominasi Marvel berlanjut dalam hal Facebook sharing, dengan perbandingan 71 persen dan 29 persen. Salah satu indikator terpenting dalam penilaian ini menunjukkan post yang diunggah Marvel lebih sering dibagikan kembali oleh para penggemarnya.

Namun dari indikator Engagement Score, akun resmi DC lah yang lebih tinggi, tepatnya 120 berbanding 40. Padahal, akun Marvel lebih rajin mem-posting ketimbang DC Comics.

Di Twitter, DC berusaha mengimbangi, tetapi memang Marvel terlampau kuat. Pertumbuhan followers Twitter DC Comics memang tinggi. Sayangnya followers Marvel terlalu banyak untuk dikejar untuk saat ini.

Keunggulan akun DC atas Twitter dalam indikator content engaging di Facebook berkebalikan di Twitter. Di diagram berikut, tampak pencinta Spiderman, Captain America, Iron Man, dan lain-lain lebih doyan membalas hingga me-retweet cuitan akun Marvel.

 

Sementara kalau dibandingkan dari mentions, tweet yang masuk ke akun Marvel dan DC juga berselisih jauh, sekitar 800 ribuan berbanding 100 ribuan.

Walau superhero bikinan DC Comics punya kekuatan hebat, tapi untuk urusan social media marketing mereka nampaknya masih perlu belajar dari Marvel. Benar begitu, Superman dan kawan-kawan?

WHAT TO READ NEXT ?