80 persen "rakyat" Twitter adalah pengguna seluler

80 persen "rakyat" Twitter adalah pengguna seluler

Techno.id - Akhir bulan April kemarin, Twitter telah mengabarkan pantauan terakhir terhadap aktivitas para penggunanya. Menurut jejaring sosial yang dinakhodai Dick Costolo ini, ada sekitar 302 juta orang yang saat ini tercatat sebagai pengguna aktif Twitter. Uniknya, 80 persen di antaranya - atau sekitar 240 juta user - ternyata mengakses Twitter melalui seluler.

Fakta ini semakin menegaskan jika Twitter lebih akrab pada mobile user daripada pengguna PC. Dominasi pengguna seluler seperti ini pun belum berubah, terutama semenjak tahun 2014.

Di sisi lain, hal ini juga membuktikan kalau platform micro-blogging ini masih diminati. Dilihat dari kuartal terakhir tahun lalu, misalnya, jumlah Tweeps (sapaan akrab pengguna Twitter) sudah meningkat sebanyak 18 persen, dari 288 juta ke 302 juta. Data selengkapnya tersaji melalui grafis yang dibuat oleh Statista (29/4/15) berikut:

80 persen

Sayangnya, peningkatan pengguna ini tidak dibarengi dengan tren positif Twitter di sektor bisnis. Sebagaimana dikutip dari BusinessInsider (29/4/15), pendapatan media sosial berlambang burung ini terbatas pada titik Rp5,7 triliun saja. Padahal, Twitter sempat menargetkan untuk meraup Rp5,9 triliun di kuartal pertama 2015 ini.

(brl/red)