ISIS manfaatkan Tumblr untuk bertegur sapa dengan anggota

ISIS manfaatkan Tumblr untuk bertegur sapa dengan anggota

Techno.id - Akhir-akhir ini, sepak terjang ISIS di dunia maya begitu meresahkan. ISIS dikenal cerdik dalam memanfaatkan media internet untuk sarana komunikasi. Beberapa waktu lalu, telah terkuak bahwa ISIS menggunakan saluran komunikasi terenkripsi yang menjadikan pergerakan mereka sulit terendus petugas keamanan.

Saat ini, ISIS menggunakan Tumblr untuk bertegur sapa dengan para anggotanya. Kelompok militan ini menggunakan blog Tumblr sebagai kolom saran, di mana para pasukan dan anggota baru dapat mengajukan pertanyaan kepada kelompok ISIS.

ISIS juga memakai layanan chatting dari Telegram untuk mendiskusikan berbagai topik penyerangan, seperti pelatihan bersenjata, dan urusan agama. Namun, setelah beberapa channel chatting Telegram ditutup karena ketahuan digunakan sebagai alat komunikasi selama serangan di Paris, ISIS memutuskan untuk beralih ke Tumblr.

Tumblr sendiri mempunyai fitur untuk mengajukan pertanyaan secara anonim. Dengan demikian, para pengunjung dapat dengan bebas menanyakan berbagai hal kepada ISIS tanpa diketahui siapa penanya tersebut, seperti yang dilaporkan oleh News.Softpedia (26/12/2015).

Sekarang salah satu blog Tumblr yang disinyalir sebagai blog kepunyaan ISIS adalah Khilafah Medics. Blog tersebut memang tidak terlihat seperti blog-nya para teroris. Khilafah Medics hanya membahas tentang kebutuhan medis selama perang yang menghancurkan umat muslim. Mereka juga menerima berbagai sukarelawan medis yang berkeinginan membantu selama perang.

Sebelumnya, media sosial seperti Twitter dan Facebook juga tak luput menjadi sasaran kampanye mereka. ISIS diketahui telah memanfaatkan beberapa media sosial untuk merekrut para anggota. Mereka juga menggunakan forum rahasia, seperti Deep Web untuk menjalankan aksinya.

(brl/red)