PlayStation 4 dicurigai jadi alat komunikasi pelaku aksi teror Paris

PlayStation 4 dicurigai jadi alat komunikasi pelaku aksi teror Paris

Techno.id - Berita tentang aksi teror di Paris menghebohkan masyarakat dunia. Aksi tersebut juga mendapat kecaman dari banyak orang. Pihak yang berwenang pun masih menyelidiki lebih dalam kasus ini untuk mengungkap siapa dalang di balik kejahatan.

Bicara soal penyelidikan, pihak berwenang masih mengaku kesulitan untuk melacak percakapan mereka yang dicurigai sebagai pelaku aksi teror. Seperti yang diberitakan oleh Tech Insider pada hari Selasa (17/11/15), diduga para pelaku tidak menggunakan messenger sebagai alat komunikasi.

PlayStation 4 dicurigai jadi alat komunikasi pelaku aksi teror Paris

Uniknya, pelaku diduga berkomunikasi menggunakan PS4. Ya, konsol game yang satu ini memang dibekali dengan fitur Sony Entertainment Network (SEN). Fitur ini bisa digunakan untuk mengirim pesan teks ke sesama penggunanya. Mereka pun bisa saling bertukar pesan meski belum menjadi 'teman'.

"Kudengar alat komunikasi yang paling sulit dideteksi adalah PlayStation 4," ujar Jan Jambon, Menteri Dalam Negeri Belgia. "Sangat-sangat sulit untuk ditembus sistem kami. Tak hanya Belgia, namun juga sistem internasional untuk mendekripsi sisa percakapan yang dilakukan melalui PlayStation 4," tuturnya menjelaskan.

Pihak Sony sendiri belum memberikan keterangan apapun saat dihubungi oleh pihak berwenang dari Perancis dan Belgia. Well, kita tunggu saja, semoga masalahnya cepat terselesaikan...

(brl/red)