Facebook tahu Anda sedang bahagia atau tidak

Facebook tahu Anda sedang bahagia atau tidak

Techno.id - Dalamnya laut dapat diukur, dalamnya hati siapa tahu, ungkapan ini sering muncul manakala seseorang tidak mampu membaca hati lawan bicaranya. Hal senada pasti juga pernah Anda alami, di mana teman yang menurut Anda baik, ternyata hanya berharap sesuatu kepada Anda.

Manusia memang tidak memiliki kemampuan untuk membaca isi hati orang lain. Berbeda dengan Facebook, situs media sosial ini mengaku dapat mengetahui penggunanya sedang bahagia atau tidak, tanpa bertatap muka sekalipun.

Tim peneliti Facebook telah melakukan penelitian tentang perilaku dari para pengguna. Facebook merekam semua komentar di platform-nya dan mendapati adanya kecenderungan seseorang untuk menggunakan kata 'haha', 'hehe', 'lol', dan emoji untuk mengekspresikan perasaan mereka. Dari sini, Facebook mengetahui siapa saja yang sedang bahagia, seperti yang disadur dari Wired (9/8/15).

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa usia, jenis kelamin, dan lokasi juga berpengaruh pada cara mereka tertawa. Para remaja wanita cenderung menggunakan emoji sedangkan remaja pria sering berkomentar 'hehe'. Untuk lokasi, orang-orang di kawasan Chicago dan New York lebih suka emoji, sementara Seattle dan San Fransisco cenderung menggunakan 'haha'.

Namun, secara keseluruhan pengguna Facebook mengekspresikan kebahagiaannya dengan berkomentar 'haha' yang ditunjukkan dengan persentase 51,4 persen. Di urutan kedua dipegang oleh emoji yaitu sebesar 33,7 persen. Sedangkan penggunaan kata 'hehe' hanya 13,1 persen dan paling jarang digunakan adalah kata 'lol' dengan persentase 1,9 persen.

(brl/red)