Philips terangi jalanan kota Los Angeles dengan lampu pintar

Philips terangi jalanan kota Los Angeles dengan lampu pintar

Techno.id - Baru-baru ini Philips telah mengumumkan akan menerangi jalanan kota Los Angeles dengan 110.000 lampu LED yang saling terkoneksi satu sama lain. Perusahaan yang berkembang di bidang elektronik ini berencana untuk menyematkan lampu online di sepanjang jalan.

Menurut laporan Gizmag (8/04/2015), lampu online ini bukan lampu jalan biasa. Philips menamai lampunya dengan CityTouch yang menggunakan teknologi plug-and-play.
Teknologi terbaru ini memungkinkan operator untuk memantau lampu kota dan dikontrol melalui web. Selain itu, pemasangan lampunya lebih cepat dan mudah, sehingga tidak akan mengganggu arus lalu lintas di jalan.

CityTouch memang begitu menarik, lampu ini telah disematkan sebuah chip mobile yang fungsinya untuk menghubungkan satu lampu dengan lampu lainnya. Hebatnya lagi, semua lampu tersebut dapat dikendalikan dengan menggunakan sistem. Nah, sistem ini menggunakan peta berbasis visualisasi, grafik dan diagram untuk menunjukkan berapa banyak energi yang dibutuhkan suatu wilayah.

Para warga juga dapat memantau dan mengontrol penerangan kota dengan cara melakukan login ke website CityTouch. Jadi, masyarakat di sana dapat mengatur sendiri jalan mana saja yang dibuat lebih terang atau sebaliknya.

Melihat Philips adalah perusahaan besar dalam proyek penerangan lampu. Hal tersebut membuat banyak negara memercayakan proyek penerangan kota pada Philips. CityTouch sudah digunakan pada 262 proyek penerangan jalan di 31 negara di seluruh dunia, termasuk Buenos Aires. Nah, LA sendiri telah memulai pembangunan proyek tersebut bulan ini dan diharapkan akan selesai tahun depan.

(brl/red)