CONNECT WITH US
Erick |
 3 Maret 2016 07:00

Penyangga leher ini mampu lindungi otak lebih baik dibanding helm

Didesain untuk melindungi otak agar tak mudah bergeser saat terjadi benturan, piranti ini malah diletakkan di leher.

Penyangga leher ini mampu lindungi otak lebih baik dibanding helm

Techno.id - Tak banyak orang yang menggunakan penyangga leher dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Jika dikaitkan dengan perlindungan terhadap otak, sebagian besar masyarakat akan membayangkan sebuah helm. Well, piranti pelindung kepala tersebut memang bisa melindungi otak agar tak bergeser dari tempatnya saat terjadi benturan, namun masih belum 100% aman.

Namun sebuah tim yang dipimpin oleh Dr. Gregory Myer telah menemukan piranti yang bernama Q30 Innovations. Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Selasa (01/03/16) lalu, piranti ini berguna untuk mengurangi tekanan berlebih pada leher.

Q30 memang diciptakan untuk diletakkan pada leher. Mirip sebuah penyangga yang berbentuk seperti gelang berukuran besar, Q30 juga mampu menjaga kestabilan aliran darah dari dan menuju otak. Artinya, penyangga leher ini memang didesain untuk melindungi otak manusia. Bagaimana cara kerjanya?

Ilustrasi cara kerja Q30 Innovations
© 2016 gizmag.com/gizmag.com

Alat ini mampu meningkatkan volume darah dari struktur otak. Peningkatan volume tersebut bisa membuat otak bertahan pada sisa ruang di antara tengkorak sehingga tidak mudah tergelincir. Lalu bagaimana rasanya menggunakan alat ini?

Pada saat diuji coba, pengguna akan merasa seperti digantung dengan posisi kepala menghadap ke bawah. Namun setelah beberapa saat, perasaan 'tergantung' tersebut akan hilang dan pengguna takkan merasa sedang mengenakan Q30 ini di lehernya.

Saat ini, Q30 memang masih belum diperjualbelikan secara bebas karena belum mengantongi persetujuan dari beberapa pihak terkait. Jika dinyatakan lolos, maka tak lama lagi Anda bisa mengenakan Q30 sebagai perlindungan ganda terhadap otak.

 

WHAT TO READ NEXT ?