New Horizons ungkap kemungkinan permukaan Pluto terdiri dari lautan

New Horizons ungkap kemungkinan permukaan Pluto terdiri dari lautan

Techno.id - Misi eksplorasi Pluto, New Horizons adalah misi eksplorasi paling sukses abad ini. Pasalnya, melalui misi tersebut para peneliti astronomi dan masyarakat luas akhirnya bisa mendapatkan informasi mengenai planet terluar di sistem tata surya tersebut, seperti beberapa permukaan Pluto yang didominasi puncak gunung, dataran beku, dan bahkan dialiri oleh gletser nitrogen.

Baru-baru ini, New Horizons kembali menemukan bahwa si kerdil Pluto kemungkinan besar menyembunyikan lautan yang begitu luas di balik daratan bekunya. Seperti dilansir oleh Softpedia (31/7/15), berdasar data pengamatan yang didapat oleh New Horizons, ilmuwan NASA menduga bahwa di bawah permukaan es dan inti berbatu Pluto terdapat lautan yang cukup luas.

"Semua data yang kami peroleh, termasuk adanya dataran batu besar yang dikelilingi oleh gunung es di permukaan Pluto meningkatkan dugaan kami bahwa masih ada lautan di bawah lapisan es tebal tersebut," ungkap ilmuwan William McKinnon dari NASA.

Kendati demikian, NASA belum mau memutuskan apakah lautan di bawah permukaan tersebut memang benar-benar ada. Pasalnya, NASA saat ini masih dalam tahap pengumpulan data dan bukti mengenai dugaan tersebut.

(brl/red)