NASA siapkan misi eksplorasi Europa Jupiter

NASA siapkan misi eksplorasi Europa Jupiter

Techno.id - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, baru saja mengumumkan bahwa mereka akan melakukan misi eksplorasi ke Europa Jupiter. Europa adalah satelit keenam dari planet Jupiter yang hampir dua dekade ini diteliti oleh sekumpulan ilmuwan di NASA.

Seperti dilaporkan oleh TheRegister (19/6/15), misi eksplorasi ini ditujukan untuk menggali informasi dan memastikan apakah ada tanda-tanda kehidupan di satelit tersebut. Kesimpulan tersebut tak lepas dari fakta bahwa planet ini permukaannya cenderung relatif hangat dan ditutupi dengan kerak es yang kabarnya merupakan keadaan ideal untuk sebuah kehidupan di luar bumi.

Untuk menyukseskan misi eksplorasi ini, NASA kabarnya akan menggunakan Probe bertenaga surya yang dapat menempuh perjalanan sejauh 25 hingga 2.700 kilometer dari permukaan Europa. Misi ini nantinya juga akan membawa sejumlah perbekalan berupa kamera dan spektrometer yang digunakan untuk mempelajari komposisi permukaan dan kimia di satelit Europa, radar ice-penetrating yang akan memindai ukuran lautan, serta magnetometer yang akan mengukur kedalaman dan salinitas permukaan laut di satelit tersebut.

Misi ini kabarnya akan diluncurkan pada awal tahun 2020 nanti. Namun, pihak NASA mengabarkan jika tanggal peluncuran itu bisa saja mundur dari waktu yang dijadwalkan tergantung pada pendanaan yang disediakan oleh pemerintah Amerika.

(brl/red)