Konsumsi garam berlebih, ini akibatnya pada tubuh Anda

Konsumsi garam berlebih, ini akibatnya pada tubuh Anda

Techno.id - Selain banyak digunakan sebagai pelengkap masakan, garam juga merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan oleh tubuh manusia. Meski demikian, jika terlalu banyak mengkonsumsinya, maka garam juga dapat berakibat buruk pada tubuh Anda.

Selain hipertensi, mengkonsumsi terlalu banyak garam juga menimbulkan beberapa dampak berbahaya. Seperti yang telah diberitakan oleh Popular Science pada hari jumat (04/12/15), kandungan garam berlebih pada tubuh menyebabkan ginjal menyimpan terlalu banyak air pada system.

Konsumsi garam berlebih, ini akibatnya pada tubuh Anda

Jika hal tersebut terjadi, maka beberapa hal yang tak diinginkan pun bisa terjadi seperti misalnya edema (bengkak pada beberapa bagian tubuh misalnya tangan, lengan, daerah pergelangan, bahkan kaki). Terlalu banyak cairan juga menyebabkan darah yang mengalir ke pembuluh vena dan arteri bertambah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan pada tahun 2010 lalu, terlalu banyak kadar garam dalam tubuh juga bisa menyebabkan maslah kesehatan dalam jangka panjang. Beberapa contoh kasus yang terjadi di lapangan adalah infeksi perut, dan pada stadium yang lebih parah, garam juga bisa menyebabkan kanker perut.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, terlalu banyak garam dapat berakibat pada menurunnya fungsi kognitif. Apapun alasannya, ada baiknya Anda tak terlalu banyak mengkonsumsi garam. Kandungan yang cukup akan menyehatkan, namun jika berlebih, bahaya yang ditimbulkan cukup besar.

(brl/red)